6 Tips Menyetir Aman saat Hujan

posted on 10/01/2013

“Hujan hujan pergilah, datanglah di lain hari…”

Tampaknya mantera yang sering Dora the Explorer lantunkan sudah nggak manjur lagi yah, diucapkan saat musim begini. Hampir tiap hari, hampir seluruh wilayah Indonesia, diguyur hujan, Remaja Indonesia!

Karena hujan merupakan peristiwa alam yang nggak bisa dicegah, dan berbagai urusan atau aktivitas pun juga tetap harus berjalan, artinya Remaja Indonesia harus pintar-pintar nih, menjaga keselamatan dan keamanan – khususnya dalam berkendara di musim hujan yang dingin, licin dan rawan banjir ini.

Berikut GueTau.com bagikan 6 Tips Menyetir Aman saat Hujan:

1. Pelihara kecepatan sesuai dengan kondisi jarak pandang
Pastikan bahwa Remaja Indonesia berkemudi pada kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jarak pandang. Perhatikan juga kondisi ‘lapangan kemudi’, apakah basah, banyak jalanan rusak, genangan air, dan semacamnya.

2. Gunakan selalu putaran mesin rendah
Hal ini bertujuan untuk memelihara traksi roda tetap optimal. Jika Remaja Indonesia menggunakan mobil dengan mesin bensin, jaga putaran mesin di angka 2.500 rpm. Namun bila menggunakan mobil bermesin diesel, teman-teman harus menjaga putaran mesin di angka lebih rendah yaitu 1.800 rpm. Hal tersebut dibutuhkan agar mobil tidak mengalami sliding.

3. Hidupkan lampuĀ day time
Seringkali para pengemudi mobil menggunakan lampu hazards saat kondisi hujan, padahal, lampu hazards dapat mengganggu jangkauan pengemudi lain dan ini sudah diatur dalam hukum Internasional. Lampu hazards hanya boleh di gunakan dalam keadaan darurat. Sebaiknya, Remaja Indonesia menggunakan lampu day time (alias lampu senja atau lampu besar) agar tidak mengganggu pengendara lain.

4. Perhatikan jarak pengehentian
Saat kondisi hujan, proses pengereman (penghentian) akan membutuhkan lajur yang lebih panjang dari pada saat kondisi tidak hujan. Teman-teman harus mengatur jarak pengereman lebih jauh dari biasanya agar bisa berhenti dengan tepat.

5. Hindari kecepatan tinggi pada genangan air tipis
Saat mobil melewati genangan air tipis, ban tidak dapat mencengkram jalan dengan baik, saat itu mobil berpotensi mengalami aqua planing atau melayang. Ini dapat berakibat laju mobil teman-teman mengalami ketidakstabilan dan tentu saja cukup berbahaya bagi keselamatan.

6. Hindari genangan air melebihi satu jengkal tinggi knalpot
Genangan air tinggi dapat mengakibatkan mobil mogok dan merusak mesin mobil. Sebaiknya, Remaja Indonesia tidak menerobos genangan air tinggi terlebih banjir ya!

___

 

Ditulis oleh Ninies

Sumber: Modifikasi.com

related post

One thought on “6 Tips Menyetir Aman saat Hujan

  1. mantap… bermanfaat untuk perjalanan jauh, kali aja di tengah jalan kehujanan wkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =