Negara-negara dengan Kesetaraan Gender Terbaik

posted on 16/05/2015

map gender

Dengan keseimbangan dan kesetaraan gender di berbagai bidang kehidupan, maka akan tercipta keserasian dan harmoni kehidupan yang lebih baik.

Sahabat GueTau, kesetaraan gender merupakan isu aktual dan kompleks di era modern ini. Bagi perempuan, ketidaksetaraan antar gender masih menjadi tantangan untuk berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan. Padahal, perempuan mempunyai hak yang sederajat dengan laki-laki untuk mengembangkan dan memberdayakan dirinya. Kesetaraaan gender inilah yang merupakan substansi pokok dari konsep emansipasi perempuan.

Indonesia sebagai salah satu negara yang yang sedang gencar mengupayakan kesetaraan bagiperempuan. Untuk itu, kita perlu banyak belajar dari negara-negara yang memiliki tingkat kesetaraan gender terbaik agar kita mampu mengimplementasikan kultur dan nilai-nilai positif untuk membangun

kesetaraan gender yang lebih baik di negeri kita.  Negara mana saja yang menerapkan  kesetaraan gender dengan baik? Simak ulasan berikut ini!

  1. Islandia

map gender2

Negara yang terletak di sebelah barat laut eropa dan beribukota di Reykjavik ini memeiliki peringkat teratas dalam kesetaraan gender terbaik di dunia seperti yang dilansir oleh World Economic Forum Report tahun 2014. Islandia memiliki angka harapan hidup dan indeks pembangunan yang baik, tingginya partisipasi ekonomi seperti meliputi gaji, tipe pekerjaan dan angkatan kerja, akses pendidikan dan kesehatan yang baik, serta partisipasi dalam bidang politik yang signifikan.

 

  1. Finlandia

map gender3

Finlandia merupakan salah satu pionir dalam peningkatan kesetaraan gender. Finlandia berada di posisi kedua setelah Islandia. Finlandia memiliki tingkat presentasi partisipasi kerja yang baik antara perempuan dan laki-laki yaitu 72% untuk perempuan dan 76.2% untuk laki-laki. Finlandia memiliki angka partisipasi politik yang baik dan juga dalam bidang pemerintah.

 

Tahun 1906, Finlandia merupakan negara pertama yang memberikan kesempatan bagi perempuan untuk menyalurkan suara dalam pemilihan umum. Finlandia memiliki tingkat pendidikan yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Perempuan dan laki-laki memiliki akses yang sama dalam mengenyam pendidikan guna menunjang pembangunan sumber daya manusia/ capacity building yang lebih baik.

 

  1. Norwegia

map gender4

Norwegia menempati urutan ketiga setelah Finlandia. Norwegia memiliki akses pendidikan yang baik, bagi perempuan semenjak tahun 1985. Tak hanya dalam bidang pendidikan namun juga kesehatan dan angka partisipasi kerja yang baik. Partisipasi politik di Norwegia juga signifikan dengan banyaknya peran perempuan dalam Storting atau lembaga legislatif perwakilan rakyat.

 

  1. Swedia

map gender5

Swedia menempati posisi keempat setelah Norewgia. Dalam upayanya menjadi salah satu negara dengan kesetaraan gender terbaik, Swedia memiliki visi dan misi pembangunan kualitas manusia yang terarah dan berupaya mengatasi ketidaksetaraan gender. Perempuan memiliki kesempatan yang setara dalam memperoleh akses informasi dan pendidikan, layanan kesehatan, partisipasi kerja dan kebijakan ekonomi yang merata, bahkan dalam bidang politik sekalipun.

 

  1. Filipina

map gender6

Filipina merupakan salah satu negara dengan kesetaraan gender terbaik. Filipina memiliki tingkat partisipasi perempuan dalam bidang politik dan pemerintahan yang baik. Bahkan salah satu pemimpin dewan senat Filipina adalah seorang perempuan, hingga mantan presiden Filipina pun juga seorang perempuan yakni Gloria Macapagal Arroyo. Selain itu industri dan bisnis serta sentra perdagangan Filipina banyak diwarnai kaum perempuan.

Sahabat GueTau, itulah beberapa negara di dunia yang memiliki tingkat keseetaraan gender terbaik. Indonesia patut belajar  dari negara-negara tersebut. Dengan keseimbangan dan kesetaraan gender di berbagai bidang kehidupan, maka akan tercipta keserasian dan harmoni kehidupan yang lebih baik. Jika Sahabat GueTau memiliki opini dan tanggapan mengenai negara-negara dengan kesetaraan gender terbaik, jangan ragu untuk disampaikan dan email ke info@guetau.com, ya!

 

Ditulis oleh Amanda Larasati

 

Referensi

  1. http://www.theguardian.com/news/datablog/2014/oct/28/not-one-country-has-fully-closed-gender-gap-yet-report-shows
  2. http://www.theguardian.com/news/datablog/2013/oct/25/world-gender-gap-index-2013-countries-compare-iceland-uk
  3. http://www.bbc.co.uk/indonesia/laporan_khusus/2013/10/131025_perempuan_vj_peta
  4. http://www.wikigender.org/index.php/Gender_Equality_in_Norway
  5. http://wikigender.org/index.php/Gender_Equality_in_Finland
  6. https://sweden.se/society/gender-equality-in-sweden/
  7. http://jaringnews.com/kbr/asia-calling/50216/filipina-disebut-terbaik-urusan-kesetaraan-gender-benarkah-

 

 

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Indahnya Melihat Gender sebagai Pelangi

posted on 17/11/2015

Sumber “Seperti warna-warna pada pelangi, gender terbentang pada suatu spektrum, bukan hanya dua kategori biner lelaki-perempuan. “ Halo

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *