Pacar Curiga Tanpa Alasan? Waspadalah!

posted on 15/12/2015

dating violence_thumb
Sumber

    “Pacar kamu mulai larang hang out bareng sahabat atau keluarga? Kamu perlu baca artikel ini sampai habis.”

Pernah merasakan jatuh cinta gak sih? Saat sedang jatuh cinta, kita bisa terbuai dan rela melakukan apapun demi pasangan kita. Istilahnya sih, buta karena cinta. Tapi kamu harus hati-hati, jika kamu tidak memberi batasan pada hal ini, kita bisa menjadi korban Kekerasan Dalam Pacaran (KDP). KDP tidak hanya dalam bentuk pemaksaan hubungan atau kontak seksual, tetapi bisa juga secara fisik, emosi, dan ekonomi.

Tahun 2014, Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menerima sekitar 800 laporan mengenai kekerasan terhadap perempuan, 59% diantaranya terjadi dalam pernikahan, 21% dalam hubungan pacaran dan 20% terhadap anak-anak. Jumlah prosentase yang besar ya.

Jika Pacar Kamu Melakukan Kekerasan, Kenali Tandanya

Nah sahabat GueTau sekarang sudah tahu kan kalau jumlah KDP banyak dan mengkhawatirkan. Jumlah tersebut pastinya meningkatkan kewaspadaan kita dalam menjalani hubungan dengan pasangan. Untuk itu, kenali tanda-tanda KDP di bawah ini ya!

• Pasangan mulai menggunakan kekerasan fisik untuk menyakiti atau mengintimidasi.
• Selalu meremehkan atau mengejek pasangan secara berlebihan.
• Mengecek ponsel, atau media sosial tanpa izin.
• Menjauhkan kita dari keluarga, ataupun teman di lingkungan sekitar.
• Memaksa untuk berhubungan seksual.

Pastinya kalian tidak ingin menjadi korban KDP kan? Oleh sebab itu, kita harus pandai mengenali ciri-ciri pasangan kita. Kamu harus mulai siaga 1 dan pasang kuda-kuda jika:

1. Pacarmu Tempramental

Jika pasangan kita memiliki sifat tempramental, mereka cenderung mudah marah dan naik pitam bila kita melakukan kesalahan atau sedang cemburu, bahkan mereka juga bisa menjadi sangat kasar dan “Ringan Tangan” untuk memukul.

2. Pacar Labil: Kadang Asik, Kadang Galak

Pasangan dengan emosi tidak stabil atau labil (mudah berubah), terkadang bisa menjadi baik dan menyenangkan, namun bisa dengan mudah marah yang bisa berujung pada kekerasan fisik. Kalau sudah sampai tahap berubah-ubah secepat angin berhembus, kamu jangan segan bicarakan langsung dengannya.

Handcuffed Suspect
Sumber


3. Posesif!

Umumnya mereka menginginkan seluruh waktu dan perhatianmu hanya untuk dirinya atas dasar cemburu dan curiga. Hei, hati-hati! Secara perlahan mereka akan mulai membatasimu dan menarikmu dari lingkungan teman-teman bahkan keluarga. Seram, kan?

Sudah banyak yang menjadi korban KDP. Akibatnya adalah luka fisik ringan dan berat hingga kematian. Ada juga loh yang melakukan kekerasan fisik karena pacarnya tidak mau diajak berhubungan seksual. Jangan takut untuk melawan dan beritahu orang-orang yang kamu percaya. Mau curhat? Jangan sungkan kirim curhatanmu ke info@guetau.com.

Ditulis oleh Intan Putri

Referensi:
1. http://www.kawankumagz.com/read/facts-about-abusive-relationship
2. http://magdalene.co/news-450-kekerasan-dalam-pacaran-fenomena-sunyi-di-indonesia.html

related post

Dari Shera, Untuk Kamu yang Pernah Mengalami Kekerasan dalam Pacaran

posted on 28/08/2016

“Sore setelah hujan, saya dan Shera bertemu di sebuah kedai kopi. Pertemuan yang memang direncanakan tersebut dimulai dengan cerita seputa

Pacarmu Kasar? Jangan Takut, Lawan!

posted on 25/12/2015

Sumber “Tahun 2014, Komisi Nasional Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menerima sekitar 800 laporan mengenai kekerasan t

Video: Perjalanan Halimah, sebuah Kisah tentang Remaja yang Mengalami Kehamilan Tidak Diinginkan

posted on 20/02/2014

Hi Sahabat GueTau,   Nah kali ini GueTau mau berbagi video yang menyentuh kehidupan sehari-hari remaja di Indonesia nih. Cerita tentang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 3 =