Maraknya Kekerasan terhadap Anak Perempuan

posted on 29/11/2013

“Komisi Nasional Perlindungan Anak mencatat dalam semester I di tahun 2013 atau mulai Januari sampai akhir Juni 2013 ada 1032 kasus kekerasan anak yang terjadi di Indonesia dan 52% dari kasus tersebut adalah kekerasan seksual yang hampir 80% di alami oleh anak perempuan.“

 

Ternyata kekerasan terhadap anak masih banyak terjadi di sekitar kita, Sahabat GueTau. Apalagi kasus kekerasan yang menimpa anak perempuan, ternyata makin meningkat. Faktornya banyak sekali, mulai dari ekonomi, sosial, dan kurangnya kesadaran hukum. Miris sekali ya Sahabat GueTau, di zaman yang sudah maju seharusnya semua anak berkembang dan tumbuh dengan nyaman, namun ternyata masih ada saja orang-orang yang memanfaatkan keluguan anak-anak untuk tujuan yang tidak terpuji.

Kali ini, GueTau mengajak Sahabat GueTau untuk lebih mengerti bentuk-bentuk kekerasan yang sering terjadi pada anak perempuan dan lembaga mana saja yang bisa Sahabat GueTau akses untuk menolong jika suatu saat kita menemukan kasus seperti itu. Yuk kita simak!

 

Apa sih bentuk kekerasan terhadap anak perempuan

Kekerasan terhadap anak perempuan meliputi :

  • Tindak kekerasan berupa fisik. Misalnya ketika anak melakukan kesalahan dia akan mendapat hukuman dengan pukulan, tamparan, cubitan, tendangan dan kekerasan fisik lainnya.

kekerasan anak 3

  • Tindakan kekerasan psikologis. Misalnya anak dipaksa untuk melakukan sesuatu yang dia tidak inginkan, melontarkan kata-kata kasar terhadap anak, dan membiasakan anak dengan tontonan yang tidak mendidik.

  • Eksploitasi secara ekonomi, sosial, dan seksual, termasuk trafficking, EKSA (Eksploitasi Seksual Komersil Anak) dan menjadikan mereka pekerja di usia yang masih muda.

  • Melupakan hak-hak mereka sebagai anak dengan menganggap pendidikan tidak penting, melarang bermain, dan mengurung mereka.

  • Menjadikan mereka sasaran kejahatan seperti penculikan, pencabulan, pemerkosaan, pembunuhan, atau bahkan sasaran konflik seperti konflik keluarga, agama, dan sosial. 

  • Menyertakan mereka dalam kejahatan seperti pencurian, perampokan dan pemerasan.

kekerasan anak 5

Bentuk-bentuk kekerasan tersebut adalah bentuk kekerasan yang sering terjadi dan sudah tidak asing lagi di Indonesia. Namun,  tidak menutup kemungkinan adanya bentuk-bentuk kekerasan lain terhadap anak perempuan yang belum terungkap lo, Sahabat GueTau! Makanya kita harus lebih peka lagi terhadap lingkungan, terlebih lagi adik-adik perempuan yang ada disekitar kita.

Nah kalau suatu waktu Sahabat GueTau mendapati ada kasus-kasus seperti yang ada di atas maka kita bisa memberikan perlindungan dengan cara membantu menghubungi :

  • Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia ( http://peluk.komnaspa.or.id/ ).
  • Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (http://www.komnasperempuan.or.id/ ).
  • Pihak kepolisian terdekat.
  • Lembaga Bantuan Hukum (LBH) APIK Jakarta; Jl. Raya Tengah No.31 Rt. 01/09, Kramatjati, Jakarta Timur 13540. Telp. 021-87797289, e-mail: apiknet@centrin.net.id.
  • Yayasan Pulih. Jalan Teluk Peleng Komplek AL- Rawa Bambu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520. Telp. 021-78842580, e-mail: info@pulih.or.id.
  • Serta lembaga pemerintah dan bukan pemerintah lainnya yang ada di daerahmu.

 

Dengan demikian, kasus yang Sahabat GueTau temukan bisa di selesaikan secara tuntas dengan di dampingi lembaga-lembaga tersebut.

Gimana Sahabat GueTau? Sudah bisa di pahami kan tindakan apa saja yang termasuk kedalam bentuk kekerasan terhadap anak perempuan? Jangan sampai adik-adik perempuan kita mengalami hal-hal tersebut.

Dan mulai dari sekarang ini akan menjadi tugas kita semua untuk melindungi dan menjaga anak-anak perempuan Indonesia dari bentuk kekerasan apapun.

 

Ditulis oleh Danish Mohhad

 

Referensi

  1. http://indonesia.ucanews.com/2013/09/05/1-032-kasus-kekerasan-anak-terjadi-di-semester-i-tahun-2013/
  2. http://indonesia.ucanews.com/2013/10/17/komnas-perempuan-minta-pbb-bantu-atasi-masalah-kekerasan-seksual/
  3. http://majalahversi.com/kolom/kekerasan-terhadap-anak-%E2%80%9Cinvestasi%E2%80%9D-violence-society

related post

Menguak 7 Tradisi Seksual dari Berbagai Belahan Dunia

posted on 10/03/2017

“Ada beberapa yang tidak biasa kita lihat.” Beberapa negara memiliki budaya atau kebiasaan terkait hal seksual yang unik. Ya, ha

Menyaksikan Aksi Women’s March Jakarta Melalui Bidikan Kamera

posted on 05/03/2017

“Aksi ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.” Sebanyak 700 orang hadir dalam aksi Women’s

Memar di Tubuh Rosi

posted on 15/03/2016

“Ami Paham Betul.” Betahun-tahun berteman, Ami sudah paham kebiasaan baru Rosi untuk mendadak membatalkan janji atau menghilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 14 =