Cari Tau Cara Mengatasi Trauma Kekerasan dan Membantu Korban Yuk!

posted on 12/12/2013

Sahabat GueTau pasti sudah tidak asing dengan kata ‘trauma’ kan? Apa yang terlintas dipikiran Sahabat GueTau saat mendengar kata ‘trauma’?

“Dalam buku Psikologi Abnormal oleh G.C.Davidson dkk, pada tahun 2000, jika berbicara tentang tindak kekerasan dan trauma, ada suatu istilah yang dikenal sebagai Post Traumatic Stress Disorder atau PTSD (gangguan stres pasca trauma). Yaitu gangguan stres yang timbul berkaitan dengan peristiwa traumatis luar biasa.”

Beberapa contoh kasus trauma yang sering kita temui disekitar kita ialah luka psikologis akibat tindak, pelecehan, perkosaan, pembunuhan, kekerasan, termasuk juga kekerasan seksual pada anak-anak, remaja, perempuan.

Bisa nggak sih kita membantu korban trauma? Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkannya?

Berikut beberapa hal yang dapat Sahabat GueTau lakukan untuk mendampingi teman, pasangan, keluarga, tetangga ataupun orang disekitar kita yang mengalami trauma:

 

Bagi Korban:

  • Melepaskan diri dari rasa bersalah, takut, malu, bahwa menjadi korban kekerasan bukanlah kesalahan diri korban. Karena kekuatan diri sendiri lah yang menjadi prioritas kita sebagai kemauan dan kemampuan dalam melawan taruma yang menimpa diri kita.
  • Bertemu dengan korban lain untuk sharing atau berbagi pengalaman untuk menggalang suatu kekuatan bersama melawan tindak kekerasan.


Bagi orang terdekat korban:

  • Sahabat GueTau harus mengenali rasa takut yang dialami oleh korban dan bersikap peka terhadap apapun yang dirasakannya.
  • Libatkan korban trauma dalam berbagai macam kegiatan positif, seperti kegiatan berkarya seni, rekreasi, menggambar, memasak, melukis, bermain musik dsb.
  • Buatlah suasana yang aman dan nyaman disekeliling korban, jangan biarkan korban berada dalam kesendirian ataupun lingkungan yang dapat membuat korban kembali mengingat peristiwa yang menimpanya.
  • Berkonsultasi pada ahli psikologi bila diperlukan.
  • Memberikan dorongan kepada korban untuk tetap semangat, tegar dan percaya diri dalam menghadapi hidup yang lebih baik.
  • Jangan mengucilkan korban. Perlakukan korban selayaknya manusia pada umumnya. Siapapun kita, hendaknya mendukung korban untuk tetap termotivasi agar berani melawan tindakan penyebab trauma. Terlebih pada korban kekerasan seksual yang sering kali ditengah kondisi malu, takut, ragu, merasa bersalah. Korban sangat membutuhkan perhatian dari orang terdekat bukan malah menjauhi dan menyalahkan korban.

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bisa informasi yang bermanfaat untuk Sahabat GueTau .  Jika ada pertanyaan atau kritik Sahabat GueTau bisa mengirimkannya ke  info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Maria Yuno 

 

Referensi:

  1. http://www.psikologizone.com/trauma-cara-mengatasi-dan-menghilangkan/06511180
  2. http://www.untukku.com/artikel-untukku/mengatasi-trauma-untukku.html
  3. http://majalahhinduraditya.blogspot.com/2012/12/mengatasi-trauma-pada-anak-anak-pasca.html

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =