Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/core.php on line 472

Bersama Melawan Kekerasan Terhadap Perempuan

posted on 25/11/2016

    “Perilaku kekerasan terhadap perempuan ini sudah sepatutnya diperhatikan oleh dunia karena kekerasan terhadap perempuan merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusi, oleh karena itu tanggal 25 November dijadikan sebuah tanda untuk merayakan perlawanan terhadap kekerasan terhadap perempuan.”

Kalau diperhatikan, bulan November ini dipenuhi dengan perayaan hari-hari internasional yang berhubungan dengan isu-isu gender ya, guys. Kali ini GueTau juga akan membahas perayaan hari internasional untuk penghapusan kekerasan terhadap perempuan atau international day for the elimination of violence against women.

Hari internasional untuk melawan kekerasan terhadap perempuan ini setiap tahunnya dirayakan di tanggal 25 November. PBB melalui secretariat jendral-nya melakukan kampanye UNiTE To End Violence Against Women. Nah kira-kira apa sih yang dimaksud dengan hari internasional melawan kekerasan terhadap perempuan dan ada apa saja sih kegiatan di perayaan hari internasional melawan kekerasan terhadap perempuan melalui kampanye UNiTe ini? Yuk lihat pembahasannya!

Hari Internasional Kekerasan Terhadap Perempuan, apa sih itu?

Kekerasan terhadap perempuan seringkali terjadi di sekitar kita dan hal ini sangat perlu untuk ditindaklanjuti. Satu dari tiga orang perempuan di dunia ini pernah mengalami kekerasan fisik ataupun seksual yang seringkali dilakukan oleh rekan intimnya. Sahabat GueTau masih ingat cerita dari Shera kan?

“Satu dari tiga orang perempuan di dunia ini pernah mengalami kekerasan fisik ataupun seksual”

Perilaku kekerasan terhadap perempuan ini sudah sepatutnya diperhatikan oleh dunia karena kekerasan terhadap perempuan merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia, oleh karena itu tanggal 25 November dijadikan sebuah tanda untuk merayakan perlawanan terhadap kekerasan terhadap perempuan.

Kekerasan terhadap perempuan juga mengakibatkan adanya diskriminasi terhadap perempuan dan juga mengakibatkan adanya ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan. Dampak lain dari kekerasan terhadap perempuan juga cukup membahayakan, mulai dari penyakit HIV & AIDS hingga tingkat kemiskinan. Kekerasan terhadap perempuan mulai menjadi pandemik global, namun tindak kekerasan terhadap perempuan dapat dicegah.

Kampanye UNiTE dan Orange The Days

PBB melalui kampanye UNiTE melakukan aksi Orange The World yaitu akan menggunakan warna oranye sebagai warna logo UNiTE untuk memberi simbol melawan kekerasan. Di tanggal 25 November hingga 10 Desember nanti akan dilakukan 16 Days of Activism Against Gender-based Violence untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Tahun 2016 ini juga akan dilaksanakan konser amal untuk UN Trust Fund To End Violence Against Women, sebuah badan amal PBB. Konser ini akan dilaksanakan di Carnegie Hall, New York, dan sesuai dengan tema Orange The World, panggungnya pun akan di dekorasi dengan warna oranye.

Kampanye Orange The World ini akan dilakukan di 70 negara di belahan dunia, dan Indonesia adalah salah satunya lho! Orange The Day akan dilakukan di beberapa negara seperti Kanada, Belgia, Perancis, Yordania, Brazil, Republik Demokratis Kongo, Venezuela, dan Indonesia.

Orange The Daysdi Berbagai Negara

Kegiatan Orange The Days yang akan dilakukan selama 16 hari ini bermacam-macam, salah satu bentuk perayaannya adalah memberi lampu atau cat oranye di berbagai gedung bersejarah di dunia. Di Kanada, air terjun Niagara akan diberi sorotan lampu oranye. Gedung European Commission di Belgia, Gedung European Council di Perancis, reruntuhan arkeologis di Petra, Istana Kepresidenan di Brasilia, dan Palais de Justice di Kongo juga akan diberi sorotan lampu warna oranye.

Kegiatan lain juga akan dilaksanakan seperti mengecat oranye halte bus di Timor Leste, lari marathon oranye di Venezuela, dan juga akan ada orange flash mobs di Indonesia lho guys! Indonesia sudah cukup sering berpartisipasi dalam kegiatan UNiTE dan Orange The World ini.

Di Orange The World tahun 2015 lalu, dengan dukungan dari pemerintah kota Jakarta, Monas atau Monumen Nasional kebanggaan kita berubah warna menjadi oranye selama 16 hari dalam rangka memperingati 16 Days of Activism against Gender-Based Violence. Wah, seru sekali kan, mungkin kalian juga bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Sekian pembahasan GueTau mengenai kampanye UNiTE dan Orange The Days. Mudah-mudahan kekerasan terhadap perempuan dapat segera dibasmi ya! Untuk informasi lebih lanjut, bisa kirimkan email kamu ke info@guetau.com ya.

Oleh Meila Ghaisani

Referensi:
1. http://www.unwomen.org/en/news/stories/2015/11/orange-the-world-2015
2. http://www.unwomen.org/en/what-we-do/ending-violence-against-women/take-action/unite

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/settings.php on line 118

Warning: array_merge(): Argument #1 is not an array in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/settings.php on line 123

Warning: array_values() expects parameter 1 to be array, null given in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/settings.php on line 124

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/settings.php on line 128