Mengenal Seksualitas

posted on 25/11/2014

Seksualitas7

Kamu pernah denger gak istilah pendidikan seksualitas? Kalau seksualitas? Seks? Sebenarnya sama nggak sih seks dan seksualitas? Atau ada hubungannya nggak antara seksualitas dengan kesehatan reproduksi? Oke, mungkin sebagian dari kita pernah mendengar istilah seksualitas, seks dan kesehatan reproduksi. Apakah ketiga istilah ini sama aja? Mari kita bahas lebih dalam, yah.

  1. Seks

Istilah seks itu mengacu kepada organ kelamin pria dan perempuan. Untuk pria memiliki organ kelamin penis dan perempuan memiliki vagina. Jadi, yang namanya seks itu berhubungan kepada organ kelamin.

  1. Kesehatan Reproduksi

Kesehatan reproduksi dapat didefinisikan sebagai keadaan sejahtera secara fisik,  mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi, fungsi dan prosesnya. Singkatnya  sistem, fungsi dan proses reproduksinya terbebas dari segala penyakit baik yang bersifat fisik, mental dan sosial. Contoh sederhananya apabika seseorang merasa sehat dalam segi reproduksi jika organ reproduksinya mampu berfungsi dengan baik, bisa menentukan apakah mau memiliki anak, jumlah anak dan jarak antar anak, serta memilih alat kontrasepsi yang diinginkan tanpa adanya paksaan.

  1. Seksualitas

Seksualitas merupakan aspek yang lebih luas dari sekedar kesehatan. Seksualitas tidak hanya berbicara masalah seks atau organ kelamin manusia, tapi juga berbicara masalah aspek sosial yang mencakup di dalamnya gender, orientasi seksual, erotisme dan kesenangan (pleasure). Seksualitas dialami dan diekspresikan dalam pikiran, fantasi, hasrat, kepercayaan/nilai-nilai, tingkah laku, kebiasaan, peran dan hubungan. Walaupun seksualitas mencakup keseluruhan dimensi yang disebutkan, tidak semuanya selalu dialami atau diekspresikan. Seksualitas dipengaruhi oleh interaksi faktor-faktor biologis, psikologis, sosial, ekonomi, politik, sejarah, agama dan spiritual.

Seksualitas adalah hal yang dialami oleh seorang manusia dari sejak lahir hingga ia meninggal. Maka tidak mengherankan jika seksualitas sangat erat hubungannya dengan sehari-hari kehidupan manusia.

Nah, udah tahu kan bedanya apa, tapi kamu sudah memiliki gambaran belum pendidikan seksualitas itu kira-kira belajar apa saja? Kalau belum, yuk dicek lanjutan tulisan berikutnya yah!

 

Ditulis oleh Faiqoh (Aliansi Remaja Independen)

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − five =