Waspadai Kecanduan Gadget!

posted on 02/03/2015

Gadget mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan Sahabat GueTau. ketika makan, ngobrol, dan bahkan saat mengendarai kendaraan bermotor, gadget seolah tidak lepas dari genggaman. Pemakaian gadget di segala situasi ini pun beragam, misalnya untuk chatting, update status atau foto di media sosial, browsing informasi, mendengarkan musik, hingga bermain game. Namun, tahukah kamu kalau kelekatan remaja dengan gadget ini sudah di tahap ketergantungan?

Sebuah studi menyebutkan, remaja berusia 13-18 tahun telah menghabiskan waktu sampai 10 jam setiap harinya untuk bermain dengan ponsel. Beberapa dari mereka bahkan merasa stres bila barang tersebut hilang dari pandangan. Hasil studi lain (IDC yang didanai Facebook), pun menunjukkan  89% remaja berusia 18-24 tahun akan segera mengambil ponsel mereka begitu bangun tidur dan mengutak-atiknya dalam dalam waktu sekitar 15 menit.

Ciri-ciri Kecanduan Gadget

Melihat fakta di atas, apakah kamu juga termasuk bagian dari pecandu gadget? Kenali tandanya seperti berikut ini.

  1. Harus buru-buru merespons. Jika ada SMS, email, atau chat yang masuk, maka pecandu gadget merasa harus meresponnya dengan segera. Jika tidak, mereka akan merasa cemas dan tidak berkonsentrasi.
  2. Phantom Cellphone Syndrome. Sindrom ini sering dirasakan oleh pecandu Mereka sering merasakan getaran ketika gadget ditaruh di saku, padahal tidak ada panggilan atau SMS yang masuk.
  3. Takut ketinggalan. Apakah kamu berpikir takut ketinggalan berita terbaru di media sosial jika tdak mengaksesnya selama beberapa saat saja? Jika iya, bisa jadi kamu termasuk kecanduan
  4. Cuek. Saat berkumpul bersama teman atau keluarga, bukannya bersosialisasi dengan yang lain, pecandu gadget justru menikmati berselancar di dunia maya.
  5. Cemas. Pecandu gadget juga akan merasa cemas jika tidak sedang membawa gawainya. Hal serupa juga dirasakan apabila gadgetnya tidak bisa dipakai karena kehabisan baterai atau kesulitan mendapat sinyal.
  6. Performa buruk. Adanya penurunan performa juga bisa menjadi tanda kamu kecanduan Hal ini terjadi karena pecandu hanya sibuk dan fokus pada gawainya, bukan tugas atau keajiban yang harus ditunaikan.

Dampak dari Kecanduan Gadget

Jika Sahabat GueTau termasuk pecandu gadget, berikut dampak yang bisa kamu rasakan karena ketergantunganmu bersama gawai tersebut.

  1. Secara positif, kamu mungkin akan lebih lancar berkomunikasi dan membangun jejaring dengan teman. Namun, perlu diingat bahwa manfaat ini bisa kamu peroleh jika kamu pun masih bisa menjaga interaksi sosial dengan teman di sekitarmu. Apa gunanya mempunyai banyak teman jika kamu tidak bisa menghargai keberadaan mereka ketika disekitarmu?
  2. Nomophobia merupakan salah satu dampak psikis yang kamu rasakan jika kecanduan Phobia ini berupa serangan panik, disertai keringat dingin dan perasaan tidak berdaya jika terpisah dari gadget.
  3. Dari segi kesehatan, ada banyak sekali dampak buruk yang menimpa pecandu.Mata dan jam tidur kamu bisa terganggu karena terlalu lama terpapar radiasi dari gadget tersebut. Tak hanya itu, postur tubuh bisa menjadi bungkuk karena terlalu lama menunduk saat memainkan gadget.
  4. Seringnya memakai gadget juga bisa berdampak pada finansialmu, loh. Coba hitung pemakaian pulsa kamu tersebut apakah sudah untuk tujuan yang bermanfaat? Jika tidak, maka kamu telah melakukan pemborosan.

Cara Atasi Kecanduan Gadget

Banyaknya dampak negatif tersebut masih bisa kamu hindari jika memilih pensiun menjadi pecandu gadget, lho. Berikut Gue Tau bagi tipsnya.

  1. Buat aturan main mengenai kapan dan apa saja yang kamu lakukan dengan Membatasi diri dalam memakai gadget secara bertahap dan memberi reward atas keberhasilanmu mematuhi aturan tersebut akan lebih efektif daripada menghindar sepenuhnya dari gadget.
  2. Temui teman atau keluarga dan ajak untuk berbincang secara nyata. Saat melakukan ini, tentu Sahabat GueTau harus menyimpan gadget terlebih dahulu agar tidak timbul keinginan untuk mengeceknya secara rutin. Kehangatan ini tentu tidak bisa kamu rasakan jika hanya berkomunikasi dengan mereka secara virtual.
  3. Luangkan waktu untuk menekuni hobi. Alih-alih berfokus pada gadget, atensi kamu akan dengan mudah teralih dengan sesuatu yang lebih bermanfaat dan memang kamu gemari.

Merupakan pilihan Sahabat GueTau untuk bisa mengendalikan gadget atau justru dikendalikan oleh gadget. Jika kamu ingin bertanya terkait kecanduan gadget, langsung aja kirim pertanyaanmu ke  info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Eunike Ally

 

 

Referensi:

  1. http://www.ruangpublik.com/informasi/topik-hangat/sosial-budaya/kecanduan–gadget-smartphone#.VPFjGqNh71U
  2. http://tergila.com/6-ciri-anda-kecanduan-smartphone/
  3. http://blackalpha5.blogspot.com/2014/03/karya-tulis-ilmiah-dampak-gadget-di.html

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + seventeen =