Tipe Pekerja Sosial Mana yang Cocok Untukmu?

posted on 21/03/2014

socialwork0

Tahukah Sahabat GueTau kalau tanggal 19 Maret adalah Hari Pekerjaan Sosial Dunia? Nah, apakah Sahabat GueTau sudah apa itu pekerjaan sosial beserta tipe-tipe yang ada? Mari kita menjelajah pengetahuan mengenai pekerja sosial!

 

Bidang Klinik / Pelayanan Sosial

 

socialwork2

Tipe pelayanan sosial klinik adalah pekerjaan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Para pekerja sosial yang bekerja di klinik ini membantu mereka meningkatkan kualitas hidup dengan membantu memecahkan masalah–masalah yang terjadi dalam kehidupan. Masalah yang terjadi bisa berupa masalah psikis, fisik, karir, dan juga keuangan. Contohnya itu seperti psikolog ataupun konselor.

 

Bidang Manajemen/Administrasi

 socialwork3

Ternyata manajer dan petugas administrasi termasuk pekerja social, lho. Pekerja sosial ini harus memiliki kemampuan analisis yang baik dan harus mampu menentukan tindakan yang baik dan pilihan yang tepat dalam sebuah organisasi.

 

Bidang Pendidikan dan Penelitian

 

socialwork6

Guru dan peneliti juga termasuk ke dalam salah satu jenis pekerja sosial. Mereka dituntut untuk bisa memberikan informasi yang jelas dan bermanfaat. Tapi, kenapa peneliti termasuk kedalam pekerjaan sosial? Karena pada dasarnya, peneliti menyelidiki dan mengembangkan metode pelatihan pekerja social atau juga program-program sosial, serta juga mengajari orang-orang untuk bekerja secara sosial.

 

Bidang Undang–Undang/Kebijakan
socialwork1

Pembuat kebijakan adalah orang yang membantu memastikan keadilan sosial betul-betul berjalan. Caranya, yaitu dengan cara mempengaruhi kebijakan dan undang-undang tentang agar kebijakan dan undang-undang tersebut memastikan terjaminnya keadilan sosial. Mereka juga dituntut untuk dapat mengutarakan apa yang diyakininya benar.

 

Organisasi/Advokasi

 

socialwork4

Karena advokasi berfungsi untuk menginspirasi orang dan mempengaruhi sumber daya manusia menuju perubahan sosial yang diharapkan, maka advokasi juga termasuk salah satu tipe pekerja sosial. Sahabat GueTau pasti sering dengar tentang advokasi, kan? Mereka memperjuangkan hak–hak dan juga memberdayakan masyarakat agar dapat memperbaiki kehidupan mereka.

socialwork5

Itulah tipe–tipe pekerja sosial yang ada. Barangkali Sahabat GueTau ada yang berminat menjadi salah satu tipe pekerja sosial? Sungguh mulia lho pekerjaannya. Seru juga, kan? Nah, kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan kirim e-mail ke info@guetau.com. Semoga info ini bermanfaat bagi Sahabat GueTau.

 

Ditulis oleh Apoh

 

Referensi :

  1. http://www.socialworklicensure.org/articles/clinical-vs-direct-services-social-work.html
  2. http://www.beasocialworker.org/social-work-and-you/#section5*

 

 

 

 

related post

Jadi Pekerja Sosial, Kenapa Tidak?

posted on 31/03/2014

    ­ Sadar tidak jika pekerja sosial adalah profesi yang belum banyak diketahui masyarakat secara luas di Indonesia?  Jarang sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 13 =