Semangat Kerja dan Sekolah Setelah Libur Panjang? Siapa Takut!

posted on 19/07/2017

Saatnya Kembali ke Realita

Semua orang tanpa terkecuali pasti menikmati masa liburan. Bagaimana tidak, liburan dapat mengusir rasa penat setelah disibukkan dengan berbagai pekerjaan. Pokoknya, masa liburan itu adalah masa yang paling menyenangkan bagi semua orang. Eits tapi, biasanya setelah masa liburan panjang sudah selesai akan muncul masalah baru. Perasaan tidak rela masa liburan yang habis sulit dihilangkan dan berdampak pada menurunnya semangat untuk bekerja.

Mungkin banyak dari sahabat GueTau merasakan hal ini setelah melewati masa liburan panjang. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati karena jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama akan berdampak buruk. Berikut ini ada beberapa tips agar kamu kembali semangat bekerja atau bersekolah setelah melewati masa liburan. Cekidot!

Pikirkan Kesenangan Saat Bekerja atau Bersekolah

Jika dibandingkan dengan liburan, bekerja atau belajar memang tidak lebih menyenangkan. Akan tetapi, kalau kamu menyukai pekerjaanmu, pasti ada deh sisi menyenangkannya. Nah, supaya kamu kembali semangat untuk bekerja setelah liburan panjang, coba deh pikirkan hal-hal yang menyenangkan itu. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menumbuhkan semangat kerja dan belajar yang hampir hilang setelah liburan.

Buatlah Jadwal Untuk Hari Pertama Kerja

Memiliki kegiatan yang tertata rapi tentunya akan membuat kamu bersemangat. Buatlah jadwal harian yang akan kamu selesaikan di hari pertama sampai beberapa minggu ke depan. Hal tersebut akan membuat kamu memikirkan cara menyelesaikannya secara tidak langsung yang akan membantu meningkatkan semangat kerja. Dengan memiliki jadwal kerja yang jelas, kamu akan memiliki tujuan kerja yang dapat memicu semangat.

Datang Kerja dan Sekolah Lebih Pagi

Setelah beberapa hari liburan kamu habiskan dengan bermalas-malasan akan membuat kamu terbiasa untuk bangun siang. Akan tetapi, sahabat GueTau tentunya nggak boleh membiarkan hal tersebut berlarut-larut apalagi saat masa liburan akan segera berakhir. Untuk membuat kamu lebih bersemangat dalam bekerja, cobalah untuk datang lebih pagi. Ini akan memberikan kamu lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri melakukan pekerjaan yang sudah lama ditinggalkan.

Mulailah Bekerja dan Belajar Secara Perlahan

Setelah liburan pasti akan ada banyak pekerjaan yang menunggu kamu untuk diselesaikan. Tenang, kamu nggak perlu panik karena ini adalah hal yang normal. Kamu hanya perlu menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan perlahan. Jangan tergesa-gesa untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran kamu masih belum sepenuhnya fokus pada pekerjaan. Bisa saja dengan perilaku buru-buru tersebut malah akan membuat kamu mengulang-ngulang pekerjaan dan semakin lama menyelesaikannya. Ada baiknya, cicil pekerjaan tersebut yang terpenting perlahan asal pasti.

Atur Waktu Secara Bijak

Pekerjaan yang menumpuk mendorong kamu untuk bekerja lembur? Jangan lakukan hal ini karena akan merusak mood liburan yang kamu lakukan kemarin. Lakukan pekerjaan semaksimal mungkin pada waktu seharusnya, tapi ketika sudah selesai maka manfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan lain, misalnya berkumpul dengan kelaurga. Sebab, keluarga jauh lebih penting dari pekerjaan kamu. Lagipula, dengan mengatur waktu secara bijak akan membuat kamu semakin semangat bekerja.

Fokus Bekerja dan Belajar

Hal yang paling utama untuk bekerja setelah liburan panjang adalah kembali fokus. Lupakanlah euforia liburan karena masa tersebut sudah selesai dan kamu harus mengembalikan mood supaya bisa bekerja dengan baik. Ingatlah, liburan bukan untuk membuat kamu malas tapi mengembalikan semangat bekerja yang mungkin sudah mulai surut karena bosan.

Nah, itu dia tips-tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan semangat ssetelah libur panjang. Selamat mencoba ya!

Oleh Dewi Maharani

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =