Makna Persahabatan

posted on 06/03/2013

            “Persahabatan bagai kepompong mengubah ulat menjadi kupu kupu.”

 

Demikianlah sepenggal kata yang terdapat dalam lagu tentang arti sebuah persahabatan. Ada nggak sih dari kalian yang belum memiliki seorang sahabat? Hmmm, kayanya hari gini nggak mungkin deh kalau nggak punya sahabat, hehehe. Tapi sebenarnya, tahu nggak sih kamu apa arti kata ‘persahabatan’? Apa kalian sudah mendapatkan seseorang yang kalian inginkan untuk menjadi seorang sahabat? Tentu setiap orang memiliki kriteria khusus dalam mencari seorang sahabat.

Tapi kebanyakan dari kalian pasti menginginkan seorang sahabat yang dapat saling mengerti dan memahami perasaan satu sama lain dong.

Definisi dari ‘sahabat’ sendiri adalah ‘seseorang yang telah dipilih atau dipercaya dalam hal apapun, baik suka maupun duka’. Kebanyakan dari kalian lebih memilih menceritakan permasalahan atau apa yang dirasakan kepada sahabat dibandingkan kepada orang tua kalian dengan alasan sahabat lebih dapat memahami dan bisa memberikan solusi.

Banyak orang mengatakan persahabatan itu indah, namun apa benar persahabatan itu selalu indah? Kelihatannya sih begitu, tetapi ketika kamu jalani persahabatan dengan orang lain masalah akan timbul silih berganti. Menurut kalian apa aja sih permasalahan yang kalian sering hadapi bersama sahabat kalian dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Sahabat yang suka bohong

Kalau kamu yakin sahabat kamu berbohong, ingatkan dia apa saja resiko berbohong, mungkin sahabatmu tidak menyadari kalau berbohong akan membuat dia menjadi orang yang sulit dipercaya.

2. Sahabat merasa paling benar

Sesekali tunjukan pada sahabatmu kalau dia juga berbuat salah. Ini akan mengurangi rasa percaya dirinya bahwa dia selalu benar dan mengajarkan dia untuk lebih bisa menghargai orang lain.

3. Sahabat sok penting

Kalau sangat mengganggu, tunjukan padanya bahwa dia tidak penting-penting banget dan kamu bisa tetap hidup seperti biasa saja tanpanya.

4. Sahabat yang meremehkan orang lain

Cari tahu terlebih dahulu kenapa sahabat kamu suka meremehkan orang lain. Bantu dia menemukan hal-hal baik tentang dirinya, agar dia juga bisa melihat hal-hal baik dari orang lain.

5. Salah paham

Dalam persahabatan tentu akan timbul salah paham, baik masalah kecil ataupun masalah besar. Pemecahan masalahnya harus tetap bisa menjaga perasaan satu sama lain, jangan hanya mementingkan diri sendiri.

6. Perasaan cinta kepada sahabat sendiri

Perasaan cinta memang dimiliki semua orang dan untuk sahabat menjadi cinta itu pun wajar. Seperti kata Zigaz, “Sahabat Jadi Cinta”. Yang penting setelah kamu pacaran dengan sahabat kamu jangan sampai melupakan sahabat yang lainnya. Apabila putus jangan sampai pula persahabatan itu ikut putus karena persahabatan itu untuk selamanya.

Nah, ternyata di jaman sekarang ini susah-susah gampang loh mencari sahabat sejati. Gimana sih caranya mengenali teman yang benar-benar sahabat dengan yang bukan? Mari kita simak baik-baik.

1. Peka

Adakalanya dalam hidup ini kamu ngerasa down banget dan harus minta tolong sama siapa. Teman sejati biasanya akan peka dan peduli pada situasi seperti ini, tanpa kamu mintapun dia akan bertanya atau menawarkan bantuan.

2. Tulus

Teman yang sejati tidak akan menusuk dari belakang. Jadi, jika ada teman kamu yang bermuka dua mending nggak usah terlalu akrab deh.

3. Take and Give

Sahabat sejati tentunya mau menerima dan memberi. Sebel juga kan kalau ada teman yang selalu minta diberi tapi giliran dia selalu mengeluarkan segudang alasan. Wah, karakter teman seperti itu sulit disebut sahabat, sarannya sih sebaiknya kamu jangan berlaku yang sama tetapi cukup diberi sindiran halus.

4. Manfaatin Teman

Ada loh sebagian orang yang tega memanfaatkan temannya sendiri demi mencapai keinginannya. Jadi, jangan kaget kalau ada teman kamu yang ngakunya mau jadi mak comblang buat kamu tapi malah dia yang jadian dengan cewek atau cowok yang kamu suka. Nggak usah kecewa berkepanjangan, lebih baik kamu tahu di awal bahwa teman kamu itu bukan sahabat sejati.

5. Antara Pacar dan Sahabat

Apa jadinya kalau kamu dan sahabat kamu naksir seseorang yang sama? Mau nggak mau pasti akan ada persaingan untuk mendapatkan si dia dan tentu ada yang kecewa juga patah hati. Biar nggak ada ganjalan di hati sebaiknya dibicarakan dari hati ke hati bersama sahabatmu. Dari situ kalian bisa mengukur perasaan masing-masing dan mempertimbangkan apakah si dia memang pantas diperebutkan atau tidak. Seandainya kamu berhasil mendapatkan si dia pasti temanmu akan mendukung sepenuhnya dan temanmu itu dapat disebut sahabat sejati.

6. Nggak Egois

Wajar sih kalau setiap orang punya egoisme masing-masing. Tapi, kalau teman kamu selalu mengutamakan kepentingan dirinya dan nggak peduli sama kepentingan orang lain bahkan temannya sendiri, maka sulit baginya untuk dapat dikatakan sebagai sahabat sejati.

7. Beda Status

Bersahabat dengan orang yang berlatar belakang berbeda status ekonomi sudah biasa kok. Kuncinya, masing-masing memiliki sikap saling menghargai dan nggak saling curiga.

Cukup segini aja kali ya dari saya mengenai arti sebuah persahabatan atau bahkan mungkin kalian lebih banyak memahami makna sebuah persahabatan yang sudah terjalin antara kalian dengan sahabat kalian.

“Don’t judge the book by its cover”, artinya tidak semudah kita menilai seseorang dari luarnya saja untuk melihat kebaikan dan ketulusan dalam sebuah pertemanan tetapi coba rasakan dan mainkan hati kalian supaya kalian tidak salah memilih sahabat.

___

Ditulis oleh Deni

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 19 =