Buku Bisa Pengaruhi Kepribadianmu, Lho!

posted on 25/04/2015

 

“Saat seseorang membaca buku, terutama novel fiksi, tanpa sadar ia akan masuk dalam dunia karakter di cerita tersebut.”

Masihkah Sahabat GueTau mengingat apa saja jenis bacaan yang telah dibaca sejak kecil? Adakah bacaan-bacaan tersebut mempengaruhi pola pikir dan kepribadianmu saat ini? Mungkin Sahabat GueTau akan merasa bingung bagaimana sebuah buku bisa mempengaruhi kepribadian pembacanya? Ini penjelasannya.

 

Identitas Seseorang Bisa Hilang Saat Mendalami Bacaan

Saat seseorang membaca buku, terutama novel fiksi, tanpa sadar ia akan masuk dalam dunia karakter di cerita tersebut. Pernyataan ini merupakan hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Ohio State University dan diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology. Walaupun sementara, dalam sebuah kondisi tertentu, hilangnya pikiran seseorang yang dimasuki oleh karakter fiksi dapat mengubah perilaku di kehidupan nyata.

 

 Pendalaman Karakter dari Bacaan Akan Menyatu dengan Kepribadian

Studi yang dipimpin oleh Geoff Kaufman tersebut menemukan bahwa orang akan merasakan emosi, keyakinan, pikiran, dan tanggapan internal menyerupai salah satu tokoh karakter pada dirinya sendiri. Hal ini tanpa disadari menjadi semacam referensi seseorang dalam bersikap sehingga menyatu dalam kepribadiannya.

 

Membacalah di Balik Cermin Jika Ingin Mempertahankan Identitas Pribadi

Kepribadian yang timbul dari sebuah karakter fiksi ini dapat pula terjadi sepanjang waktu. Kondisi ini akan terjadi pada orang yang ingin melupakan identitsnya saat membaca novel. Melalui serangaian eksperimen, peneliti menyarankan untuk membaca cerita di balik sebuah cermin. “Semakin banyak Anda diingatkan melalui wujud identitas pribadi, semakin kecil kemungkinan Anda tenggelam ke dalam identitas karakter fiksi yang Anda baca,” kata Kaufman.

Wah, rupanya  pepatah “untuk melihat kepribadian seseorang, lihatlah apa yang dibacanya” ini ada benarnya juga, kan? Jika Sahabat GueTau ingin tahu lebih lanjut mengenai topik bacaan dan kepribadian ini, silakan kirim pertanyaan kamu ke info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Eunike Ally

 

Referensi:

  1. http://padiemas.blogdetik.com/2011/02/23/bisakah-membentuk-kepribadian-anak-melalui-buku/
  2. http://www.psikologizone.com/identitas-seseorang-bisa-hilang-saat-membaca-novel/065116592

related post

Yuk, Cari Tahu Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur!

posted on 25/09/2017

Cara Paling Murah Untuk Sehat, Nih!     Sahabat GueTau tahu nggak kalau 70 persen tubuh manusia terdiri dari air? Inilah yang menj

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

posted on 20/03/2016

“Pergi ke gym pastinya memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih dibandingkan dengan berolahraga di rumah.” Selalu terlihat sehat d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =