6 Tips Memilih Teman Curhat tentang Kesehatan Reproduksi dan Seksual

posted on 20/08/2014

curhat

Masalah kesehatan reproduksi dan seksual masih merupakan masalah yang sangat sensitif didalam masyarakat.Sehingga saat kitabutuh teman untuk curhat terkait masalah kesehatan reproduksi dan seksual,kita mengalami kesulitan untuk menemukan orang yang tepat untuk membicarakannya. Padahal, pertanyaan-pertanyaan mengenai masalah ini harus dibicarakan dengan orang yang tak hanya kita percayain, tapi sekaligus juga dengan orang yang tepat dan mampu menerima dan memberi solusi masalah kita.

Sahabat GueTau mungkin sudah pernah mengalami beberapa masalah terkait percintaan ataupun masalah kesehatan reproduksi dan seksual. Mengingat masyarakat Indonesia masih sangat tertutup mengenai permasalahan tersebut, kita seringkali mengalami jalan buntu dan tak tahu apa yang mesti dilakukan.Padahal tentu kita akan selalu membutuhkan orang lain untuk memecahkan masalah  kita. Selain itu, pada dasarnya, sebagai manusia, kita memiliki naluri untuk selalu menceritakan suka dan duka kepada teman atau kerabat.Sayangnya, hal mengenaikesehatan reproduksi dan seksual tidak dapat kita bicarakan kepada siapa saja dengan mudah, Kita membutuhkan orang yang paling mengerti masalah ini. Berikut tips buat sahabat GueTau terkait memilih teman curhat tentang kesehatan reproduksi dan seksual.

  1. Dapat Memegang Rahasia

Dalam masalah ini, kemampuan memegang rahasia sangat penting. Masalah seperti ini tentu ada baiknya tidak tersebar kepada orang lain yang tidak perlu tahu apalagi orang-orang yang tidak kita kenal.Ini adalah ciri yang wajib dimiliki oleh teman bicara kita, bahkan untuk curhat ringan sekalipun.

  1. Mengerti tentang Kesehatan Reproduksi dan Seksual

Tujuan dari curhat itu sendiri adalah dipecahkannya atau didapatkannya solusi dari masalah kita. Untuk itu,Sahabat GueTau sebaiknya mencari teman curhat yang sangat mengerti tentang kesehatan reproduksi dan seksual. Curhat kepada teman yang buta akan hal tersebut hanya bisa mempersulit kita dalam memecahkan masalah atau justru menambah beban yang ada. Mungkin sahabat GueTau boleh saja menceritakannya kepada orang yang hanya bisa mendengarkan. Namun, kamu juga bisa minta referensi dari temanmu untuk dikenalkan dengan orang yang sanggup membantumu dan juga bisa dipercaya.

  1. Care Masalah kita

Teman curhat yang baik adalah ketika dengan tulus hati mau mencarikan solusi masalah kita. Bisa dibayangkan ketika orang tersebut tidak memperdulikan apa yang sementara kita alami. Mungkin saja membantu, tapi seadanya saja dan tidak mau berpikir dan bekerja keras untuk mencari solusi buat Sahabat GueTau. Disamping itu, orang yang care dengan masalah kita akan dengan ikhlas dan senang hati membantu menyelasaikan masalah kita hingga selesai.

  1. Memiliki Waktu untuk Kita

Teman curhat sebaiknya memiliki waktu luang yang disediakan untuk kita. Quality timeyang teman bicara kita miliki akan mendukungnya untuk dapat berkonsentrasi mencerna masalah yang kita miliki dan kemudian baru mampu memberikan solusi yang lebih baik.Sahabat GueTau pun dapat dengan tenang dan santai membicarakan masalah dengan jelas serta lengkap tanpa perlu terburu-buru. Ingat, mencari solusi memerlukan informasi yang lengkap dan analisa yang dilakukan dengan  tenang. Itulah mengapa waktu yang cukup luang sangat bermakna dalam hal ini.

  1. Komunikasi Tetap Terjaga

Sahabat GueTau sebaiknya curhat dengan teman yang mudah dihubungi secara berkesinambungan. Masalah yang kita hadapi mungkin tidak bisa diselesaikan dengan sekali curhat saja. Kalau hanya sekali curhat saja teman Sahabat GueTau pergi, maka bisa saja tak ada solusi tidak menemukan solusi. Apabila harus curhat kepada teman lain, maka harus dimulai dari awal lagi. Untuk itu, sebaiknya mencari teman yang setia untuk mendengarkan curhat kita. Komunikasi yang tetap terjaga bukan berarti Sahabat GueTau harus bertemu tatap muka dengannya, tapi bersyukurlah dengan teknologi yang ada sekarang ini, kita bisa melakukan komunikasi dengan jarak jauh.

  1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik dengan teman curhat akan memberikan rasa nyaman buat Sahabat GueTau. Cara komunikasi yang tidak emosional dan memahami topik yang kita bicarakan, serta mengerti bahasa yang kita gunakan akan memudahkan dalam mencari jalan keluar. Cara berkomunikasi yang baik tidak hanya diperlukan oleh teman bicara kita, tapi Sahabat GueTau sendiri juga harus bicara dengan baik dan tenang agar teman curhat kita dengan mudah memahami masalah kita.

Demikian pembahasan tentang tips memilih teman curhat tentang kesehatan reproduksi dan seksual. Kalau Sahabat GueTau memiliki pertanyaan lebih lanjut, bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan Sahabat GueTau semuanya.

 

Ditulis oleh Alamsyah

 

Referensi:

  1. http://www.mediaremaja.com/tips-mencari-teman-curhat-ciri-teman-curhat-yang-baik/
  2. http://www.tipswanita.net/memilih-teman-curhat-yang-baik/
  3. http://ciricara.com/2013/01/04/ciricara-cara-cerdas-memilih-teman-curhat/

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Kesehatan Reproduksi Belum Merata

posted on 15/11/2015

Sumber “kesehatan reproduksi mungkin belum terlalu melekat dalam ingatan kita,namun jika kita sebagai generasi muda sadar mengenai arti ke

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =