6 Keuntungan Ikut Organisasi Sekolah Atau Kampus

posted on 24/02/2017

Sumber: criticalheritagestudies.gu.se

 

“Musim seleksi penerimaan siswa dan mahasiswa baru sudah dekat. Apa rencanamu di sekolah atau kampus baru?”

Sahabat GueTau, pastinya kalian sering lihat pamflet-pamflet di lorong sekolah/kampus ataupun dibagikan selebaran tentang beberapa kegiatan organisasi di sekolah/kampusmu. Atau terkadang malah beberapa senior atau temanmu mengajakmu langsung untuk ikut dengan kegiatan organisasi tersebut.

Kalian mungkin suka berpikir “duh, ikut nggak ya”, “ah males, tapi seru sih kayaknya” ketika ditawari untuk ikut kegiatan atau organisasi. Nah kali ini GueTau akan mencoba menemukan solusi buat kalian yang suka bingung apakah lebih baik ikut organisasi atau tidak. GueTau bakal membahas apa saja keuntungan ikut berorganisasi, simak yuk!

Tahukah kamu kalau sebenarnya kegiatan di luar kelas itu banyak juga lho manfaat dan keuntungannya. Kadang sebagian dari kita memiliki anggapan bahwa kegiatan organisasi di luar kelas bakal merepotkan saja, menyita waktu belajar kita dan lebih banyak ‘senang-senangnya’ saja. Sebagian lagi kadang memiliki anggapan bahwa kegiatan di luar kelas seperti organisasi itu membosankan dan membuang waktu, lebih baik waktunya digunakan untuk istirahat untuk nongkrong sama teman-teman.

Eits, jangan salah, ternyata kedua anggapan itu gak sepenuhnya bener lho. Mengikuti kegiatan berorganisasi ternyata banyak manfaatnya sekaligus menyenangkan juga! Nah ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan berorganisasi,

Mengembangkan soft-skill

Soft-skill juga sama pentingnya lho dengan hard-skill. Selain punya skill akademis, kamu juga sebaiknya punya skill social yang baik maka dari itu mengembangkan soft-skill akan sangat berguna. Dengan mengikuti berbagai organisasi, kamu akan banyak berinteraksi dengan orang lain, ‘people-skill’ tersebut akan membuat kita dapat interaksi secara efektif dengan orang lain, mulai dari cara berkomunikasi, perilaku, dan juga etos kerja.

Berkegiatan dalam organisasi akan mengasah dan memperluas skill tersebut. Kamu akan mengetahui cara terbaik untuk berkomunikasi dengaan individu ataupun grup dalam skala besar. Kamu juga akan mendapatkan kecerdasan emosional.

Dapat belajar tentang diri sendiri

Bergabung dengan organisasi dapat memberikan kamu segudang kesempatan untuk mengenal tentang dirimu sendiri lebih banyak lagi. Kamu juga jadi bisa mengetahui apa tujuanmu dan juga kelebihan dirimu. Kamu dapat mempelajari cara orang lain menangani suatu permasalah dan juga mendapatkan transfer ilmu dari orang lain.

Kesempatan networking

Keuntungan lainnya dari bergabung dengan organisasi adalah kamu akan mendapatkan keuntungan untuk networking. Networking akan sangat berguna di masa depanmu. Dengan bertemu dengan siswa lainnya, membuat koneksi, dan membangun hubungan dengan orang-orang lainnya akan dapat membantumu mendapatkan pekerjaan atau kesempatan lainnya di masa mendatang.

Sebagai ‘break’ dari kegiatan akademis

Terkadang kita merasa lelah dan bosan melakukan kegiatan akademis melulu. Berkonsentrasi pada kegiatan belajar dan tugas memang sangat perlu dalam kegiatan akademis kita, namun melakukan break atau istirahat ternyata penting dan berguna lho buat kita. Dengan bergabung dengan organisasi kamu dapat me-refresh otakmu dengan bersosialisasi dengan teman-teman dan juga bisa berbagi pengalaman tentang tugas-tugas akademis.

Membangun CV atau Resume

Yup, tentunya berorganisasi akan sangat menambah kekuatan CV atau curriculum vitae-mu. Karena kamu mengikuti organisasi kamu dapat mencatumkan pengalaman tersebut di CV mu. Dengan menunjukkan pengalaman kerjamu di organisasi kepada calon bos-mu akan memberikan kesan yang baik.

Mendapatkan Pacar

Nah ini dia salah satu ‘perks of being in an organization’, kamu bisa saja bertemu dan mendapatkan jodoh lho! Tentunya karena dengan ikut organisasi kamu jadi bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang yang lebih banyak. Selain memperbanyak teman, gak jarang banyak yang mendapatkan pacar karena kenal dan kerja bareng di organisasi. Gak rugi kan?

Sekian penjelasan GueTau tentang beberapa keuntungan dari ikut berorganisasi. Ayo jangan ragu lagi untuk ikut kegiatan organisasi di kampus atau sekolahmu, tapi tentunya pilih kegiatan yang positif dan bermanfaat ya. Oh ya, siapa tau juga kamu mendapatkan keuntungan yang belum disebutkan diatas, selamat mencoba! Untuk informasi lebih lanjut, kirimkan email kamu ke info@guetau.com.

Oleh Meila Ghaisani
Sumber
http://www.bentley.edu/graduate/ms-programs/admissions/news-insights/12-reasons-why-you-should-join-student-organization
http://news.okezone.com/read/2016/03/29/65/1348500/enam-keuntungan-berorganisasi-semasa-kuliah

related post

Kekerasan Seksual di Sekolah: Sebuah Ancaman Nyata

posted on 09/04/2015

“Semua orang beresiko mengalami kekerasan seksual. Yang penting, lakukan tindakan pencegahan. Dan segera laporkan peristiwa kekerasan seks

Mengenal Layanan Pendidikan bagi Remaja Down Syndrome

posted on 22/03/2015

  Tahukah kamu jika setiap 21 Maret diperingati sebagai Hari Down Syndrome Sedunia? Pada tanggal tersebut, organisasi down syndrome di

Bersama Ciptakan Sekolah Ramah LGBT!

posted on 21/05/2014

Terlepas dari pro dan kontra LGBT di Indonesia, GueTau ingin memberikan informasi terkait sekolah ramah LGBT di Hari Pendidikan Nasional yan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − eight =