Kamu dan Role Modelmu

posted on 20/02/2016

    “Kamu harus jadi orisinil. Jika kamu sama seperti orang lain, bagaimana kamu bisa berguna?”

    -Bernadette Peters

Sebagai remaja, kita tentu berusaha untuk mencari jati diri masing-masing. Pencarian jati diri tersebut membutuhkan seorang role model untuk membantu mengarahkan diri kita masing-masing agar menjadi lebih baik.

Role Model dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), role model sama halnya dengan teladan yang berarti sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk di contoh (tentang kelakuan, perbuatan, sifat, dan sebagainya).

Apasih Perbedaan Role Model dengan Public Figure?

Public figure adalah seorang tokoh yang dikenal oleh masyarakat luas dan dapat memberikan dampak atau pengaruhnya terhadap masyarakat tersebut. Contoh dari public figure adalah artis ataupun pejabat pemerintah.

Tidak semua role model merupakan public figure. Bisa saja kamu menjadikan orang tua dan kerabatmu sebagai panutan. Beberapa juga menjadikan nabi sebagai panutannya karena sifat-sifat tertentu.

Role Model yang Baik?

Langsung simak saja yuk. Mana tahu bisa jadi referensi untuk menentukan siapa yang bisa jadi teladanmu.

1. Konsekuen dengan Apa yang Dia Katakan

Seorang role model yang baik akan selalu sejalan antara apa yang diucapkannya dengan apa yang dilakukannya. Role model yang baik tidak akan bertindak atau mengumbar suatu kebohongan.

2. Dapat Meyakinkan Lingkungan Sekitarnya

Saat lingkungannya terdiri dari berbagai macam golongan, seorang role model yang baik dapat menyatukan dan meyakinkan lingkungannya tersebut untuk menuju satu tujuan yang sama.

3. Menerima Kritik Saran dengan Lapang Dada

Role model yang baik adalah seseorang yang terbuka dengan masukan orang lain dan senantiasa mau belajar agar dirinya lebih baik. Bahkan jika dirinya salah, seorang role model yang baik pastinya berani untuk mengakui kesalahannya tersebut.

4. Senantiasa Memberikan Contoh yang Baik

Seorang role model adalah contoh hidup bagi orang lain dalam segala aspek kehidupan. Maka dari itu setiap tindakan dari role model akan dinilai oleh banyak orang, sudah sepantasnya untuk seorang role model bersikap baik setiap saat.

Role model adalah sesuatu yang penting untuk dijadikan panutan oleh remaja. Namun, seorang remaja pastinya harus tetap yakin dengan dirinya masing-masing.

Role model hanya dijadikan sebagai tolok ukur dalam mengaktualisasikan diri. Posisi role model sebagai teladan bisa jadi acuan, tapi bukan untuk ditiru secara keseluruhan. Gak mau kan dicap sebagai copycat alias tukang tiru?

Siapa role model kamu? Ceritakan yuk ke info@guetau.com.

Oleh Bagus Siswantha

Referensi:
1. edukasi.kompas.com
2. masvi2n.blogspot.com

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 13 =