Aktivitas Seksual: Seberapa Berpengaruh Temanmu?

posted on 18/01/2016

    Peer Group Basic
    Sumber
    “Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin hidup sendirian di dunia. Kehadiran teman menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari.”

Sebagai anak muda, Sahabat GueTau pasti punya teman yang akrab di lingkungan sekolah atau teman bermain. Kelompok pertemanan ini yang kita sebut sebagai peer group. Kali ini GueTau akan membahas pengaruh peer group dengan seksualitas dan aktivitas seksual remaja. Simak terus untuk tahu lebih banyak!

Aktivitas Seksual dan Lingkar Pertemanan

Sebuah studi dari Utrecht University dan New York State Psychiatric Institute menemukan bahwa aktivitas seksual remaja dapat dipengaruhi oleh peer group atau kelompok pertemanannya masing-masing.

Secara khusus, peer group terbagi menjadi 3 faktor pendorong yaitu seberapa besar lingkungan peer group aktif secara seksual, seberapa besar tingkat persetujuan dari peer group untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan, dan yang terakhir seberapa besar tekanan dari peer group untuk melakukan hubungan seksual. Ketiga faktor itulah secara garis besar mempengaruhi aktivitas seksual seorang remaja dikarenakan peer groupnya masing-masing.

Banyak remaja melakukan hubungan seksual dikarenakan mengikuti teman-temannya yang sudah aktif secara seksual. Tren ikut-ikutan ini terjadi karena mereka percaya bahwa hal tersebut sudah biasa dilakukan oleh teman-teman di sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung lingkar dapat menekan atau mempengaruhi seseorang untuk mengambil sebuah keputusan terkait aktivitas seksualnya.

Membangun Lingkar Pertemanan yang Sehat

Setelah mengetahui fakta di atas, bagaimana cara membangun relasi pertemanan yang sehat?

1. Teman Selalu Mendukung Keputusan yang Kita Ambil

Lingkar pertemanan yang baik pastinya tidak akan memaksakan kehendaknya kepada diri kita, kita bebas untuk mengambil keputusan sesuai dengan apa yang kita mau. Dukungan ini juga disertai dengan bantuan perhitungan untung-rugi dari setiap keputusan yang kita ambil.s

2. Terbuka dan Tanpa Syarat

Teman yang baik selalu terbuka dan menerima kehadiran kita dengan baik. Menerima apa adanya kita tanpa memerlukan suatu syarat ataupun ketentuan tertentu.

3. Selalu Mendengarkan dan Memahami

Lingkar pertemanan yang baik diisi oleh orang-orang yang memberikan saran jika kita sedang dilanda masalah. Mereka akan mencoba untuk memahami, jujur, dan siap membantu kita kapan saja semampu mereka.

Tapi, Semua Keputusan Di Tanganmu!

Lingkar pertemanan memang berpengaruh terhadap keputusan yang kamu ambil terkait aktivitas seksualmu, tapi semua keputusan kembali lagi berada di tanganmu. Bagaimanapun, kamu yang akan menanggung risiko dari keputusan tersebut. Kalu sekiranya tidak menguntungkan, untuk apa ikut-ikutan?
Hubungan seksual remaja adalah sebuah keputusan penting, jadi jangan melakukannya hanya karena ikut-ikutan. Jangan sampai menyesel di kemudian hari karena tidak memperhitungkan risikonya. GueTau penasaran nih, apakah temanmu memberikan pengaruh dalam aktivitas seksualmu? Berbagi bersama GueTau melalui info@guetau.com.

Oleh Bagus Siswantha

Referensi:
1. www.medicaldaily.com

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 2 =