Persahabatan Yang Mendamaikan

posted on 31/07/2014

peace

Punya banyak sahabat adalah suatu hal yang sangat mengesankan. Hidup akan terasa menyenangkan apabila dijalani bersama teman. Semakin banyak sahabat yang Sahabat GueTau miliki, begitu bertambah pula cinta yang akan kita rasakan dalam setiap perjalanannya. Memiliki sahabat juga tidak harus hanya dari orang-orang terdekat, bisa juga dari teman-teman yang bukan dari orang terdekat kita, dan teman bisa datang dari seluruh pelosok dunia.

Persahabatan yang terjalin pun juga tidak harus berdasarkan hanya dari satu orang dan beberapa orang saja. Dari banyak orang dan dalam sebuah perkumpulan tertentu pun, ikatan persahabatan dapat terjalin. Singkat kata, sebuah persahabatan tidak hanya dinilai dari sesuatu di mana kita bisa memiliki sebuah kesamaan saja, tetapi berdasarkan dari sebuah kenyamanan dan juga rasa tenang saat mereka ada bersama Sahabat GueTau. Selain dengan keluarga, bersama dengan mereka, setidaknya kamu bisa merasa lega ketika berada dalam kesulitan.

Pada dasarnya, sahabat juga merupakan  orang yang terkasihi dan kita miliki setelah keluarga atau pun pasangan hidup kita. Dan sejatinya seorang sahabat, ialah yang akan selalu dengan sendirinya memiliki sebuah rasa yang bukan hanya simpati saja, tapi juga kepeduliannya dan  rasa empati yang tinggi. Tapi itu hanya beberapa gambaran besar makna sesungguhnya dari sebuah arti persahabatan pada umumnya.

Dalam kenyataannya sehari-hari, persahabatan ternyata juga cukup banyak memiliki peran dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari kita. Hubungan masyarakat sosial maupun juga hubungan politik dan sosial di berbagai mancanegara pun hampir sama. Secara tidak langsung, dengan kita menjalin banyak hubungan persahabatan, semakin banyak pula koneksi yang Sahabat GueTau miliki. Akhirnya, itu pun dapat menjadi sebuah peluang kesuksesan bagi Sahabat GueTau.

Manfaat dari Memiliki Banyak Sahabat

Beberapa hal yang akhirnya bisa menjadi manfaat dari kita mempunyai banyak sahabat yaitu antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bisa Merubah Sifat.
Seorang sahabat biasanya memiliki cara pandang yang baik, sehingga seseorang yang memiliki sahabat yang baik akan tertular aura positif pula dari segi berpikir dan berlaku. Karakter seseorang akan terbentuk ketika memiliki sahabat yang baik dan selalu mendukung apa adanya. Berkat seorang sahabat,  kamu dapat akan mengartikan sifat merekake dalam hal yang lebih baik lagi.

2. Memperkaya Ilmu.
Perbincangan antara teman dan sahabat adalah suatu hal yang baik, karena banyak ilmu dan pengetahuan yang dibagi bersama. Dengan kata lain, ilmu dapat disalurkan melalui peran seorang sahabat. Hal ini akan dirasakan oleh seorang sahabat bahwa ilmunya terus bertambah ketika mereka bertukar pikiran bersama.

3. Mencari Jati Diri.
Seseorang yang mendapatkan sahabat yang baik akan mengerti tujuan hidup atau jati dirinya. Proses ini berlangsung secara spontan dan berjalan selama bertahun – tahunagar bisa menemukan jati diri. Seorang sahabat yang baik akan mengerti perubahan diri sendiri dan seseorang tersebut, sehingga sahabat akan mencarikan jati dirinya sampai mendapatkan perubahan yang baik tersebut.
4. Mendapatkan Kesuksesan
Sukses itu berawal dari kebiasaan dan diimbangi dengan teman yang dimilikinya. Maka, sukses itu tidak akan lepas dari peran sahabat yang dimiliki, karena sukses adalah perubahan di mana seseorang akan menjadikan kebaikannya menjadi kenyataan bersama orang yang diinginkan.
5. Menentramkan Pikiran
Pikiran yang tenang bermula dari pikiran yang kacau yang dinetralkan oleh sahabat yang baik. Hal ini merupakan cara untuk menentramkan pikiran bagi diri sendiri maupun kepada sahabatnya. Penularan yang baik seperti hati tetap tentram dari sahabat akan tertularkan kepada seseorang yang berdekatan dengan sahabat tersebut. Hal baik yang dimiliki oleh seseorang itu tergantung dari pikiran yang menetramkan dan dibuat oleh seorang sahabat.

Dan secara kesehatan, punya banyak sahabat ternyata juga bisa mempengaruhi keadaan fisik maupun secara keadaan psikologis kita. Berikut manfaat tersebut:

1) Mengurangi risiko demensia.
Memiliki kehidupan sosial yang sangat aktif dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 70 persen. Penemuan ini dikemukakan melalui Journal of International Neuropsychological Society.
2) Membuat Sahabat GueTau tetap fit.
Riset terbaru dari peneliti asal Australia yang dipublikasikan dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity menemukan bahwa teman atau sahabat memiliki pengaruh langsung terhadap tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan makan.
3) Mengasah otak.
Menjalin komunikasi yang baik dengan teman melalui chatting atau jejaring sosial media akan mendorong fungsi kognitif. Efek berkomunikasi dengan sahabat berjalan seperti layaknya sedang memecahkan teka-teki silang, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Michigan, AS.
4) Meningkatkan kesehatan jauh lebih baik.
Memiliki relasi yang saling mendukung dapat menunda proses penuaan. Riset terbaru dari Brandeis University menemukan bahwa jaringan sosial yang kuat, terutama bila dikombinasikan dengan latihan fisik, dapat menunda penurunan kesehatan hingga sepuluh tahun ke depan.
5) Hidup lebih lama.
Hubungan yang kuat dengan teman dan keluarga dapat meningkatkan peluang kamu untuk tetap bertahan hidup hingga 50 persen, seperti yang ditemukan lewat penelitian terbaru para ilmuwan dari Brigham Young University.

Beberapa contoh dari persahabatan yang bisa menjadi sebuah media perdamaian:

peace2

  1. Kasus tawuran suporter sepak bola.

Perselisihan paham antar suporter sepak bola baik di dalam maupun luar negeri ternyata juga masih menjadi salah satu permasalahan yang cukup membuat banyak masyarakat merasa resah. Seperti yang terjadi di Indonesia, beberapa kelompok suporter terbesar bersikap berbeda pada perkembangannya. Misalnya antara JakMania dan Viking Bandung, ataupun Bonek mania dan Aremania, serta bonek mania dengan pasoepati solo. Mereka adalah contoh kecil dari sekian banyaknya suporter bola yang pernah terlibat perselisihan salah paham. Tetapi dengan adanya pertandingan timnas senior Indonesia pada perhelatan piala AFF 2012, dan juga persahabatan yang terjadi begitu erat antar setiap pemain di tim nasional, membuat beberapa suporter tersebut akhirnya mau untuk berdamai dan bersatu padu untuk mendukung tim nasional tersebut. Meski akhirnya tidak menjadi juara, tetapi paling tidak, persahabatan tersebut bisa membuat perdamaian antar supporter sepak bola tersebut.

  1. Indonesia menjadi media perdamaian antara negara perang Korea Utara dan Selatan.

Hubungan baik Indonesia dengan Korea Utara dan Korea Selatan semestinya bisa menjadi modal besar terhadap peran Indonesia di luar negeri. Pakar kebijakan politik dan hubungan luar negeri dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dewi Fortuna Anwar mengatakan, setidaknya Indonesia dapat menjadi fasilitator. Menurut dia, Jakarta memiliki kerja sama perdagangan yang erat dengan Seoul. Di sisi lain, rezim di Pyongyang menganggap Jakarta adalah salah satu negara sahabat terbaik. ”Indonesia perlu dan bisa terlibat mendamaikan suasana,” kata Dewi.

 

Ditulis oleh Itas

 

Referensi

  1. http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/04/03/mkomlf-indonesia-dinilai-bisa-mendamaikan-korut-dan-korsel.
  2. http://health.kompas.com/read/2011/11/29/15445961/5.Manfaat.Sehat.Punya.Banyak.Teman.
  3. http://artikelasli.blogspot.com/2013/12/manfaat-mempunyai-sahabat.html.
  4. http://artikelasli.blogspot.com/2013/12/manfaat-mempunyai-sahabat.html.

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =