Kamu dan Peranmu dalam Keluarga

posted on 27/05/2015

keluarga1
“Peran tersebut tentunya akan menjadi nilai plus kamu nantinya sebagai bekal saat dewasa.”

Sebagai remaja, tentu waktu yang kamu habiskan bersama teman sebaya akan semakin lebih banyak dibandingkan bersama keluarga. Ada keinginan menggebu untuk mengeksplorasi diri melalui lingkaran pertemanan yang kamu miliki. Hal ini bukan berarti bahwa peranan Sahabat GueTau sebagai anggota keluarga terhenti begitu saja. Sebenarnya kamu masih bisa menggali potensi diri melalui organisasi terkecil ini melalui peran sebagai berikut.

Penyumbang Tenaga dalam Keluarga

keluarga2

Berapa pun usia kamu saat ini, peranan sebagai anak dalam keluarga tidak bisa dilepaskan begitu saja. Sama halnya saat anak-anak, kamu masih membutuhkan keluarga dan belum bisa bertanggung jawab sepenuhnya terhadap diri sendiri. Di lingkungan keluarga inilah Sahabat GueTau bisa belajar mengenai tanggung jawab pribadi.  Hal sederhana untuk bisa berperan dalam keluarga adalah kamu belajar meringankan beban orangtua yang berkaitan denganmu. Misalnya saja, merapikan kamar tidur sendiri, mencuci pakaian dan piring sendiri, dan lain sebagainya.

 

Teman Berbagi Orangtua

keluarga4

Begitu menginjak usia remaja, akan timbul keinginan untuk didengar yang lebih besar dari sebelumnya. Fase ini sebaiknya kamu manfaatkan sebagai teman berbagi untuk orangtua dengan menjadi partner diskusi yang menyenangkan bagi mereka. Kamu berhak kok memberi masukan kepada orangtua asal dengan penyampaian yang tetap santun dan disesuaikan dengan kapasitas yang kamu punya. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan orangtua akan menaruh kepercayaan terhadapmu dan senang melibatkanmu dalam mengambil keputusan.

Kedua peran tersebut tentunya akan menjadi nilai tambah  kamu nantinya sebagai bekal saat dewasa. Sekarang, sudahkah Sahabat GueTau berperan aktif dalam keluarga? Jika ada pertanyaan mengenai peran remaja dalam keluarga, jangan ragu tanyakan ke info@guetau.com ya!

 

Ditulis oleh Eunike Ally

 

Referensi:

  1. http://www.cyf.govt.nz/info-for-teenagers/index.html
  2. https://antoniusangga.wordpress.com/2012/09/30/peranan-anak-dalam-keluarga-dan-masyarakat/
  3. http://edukasi.kompasiana.com/2010/12/14/memahami-peran-remaja-dalam-keluarga-324639.html

related post

6 Tips Bersih-Bersih Buat Cowok

posted on 14/12/2015

Sumber “Menurut suatu studi yang melibatkan para mahasiswa di Turki, hanya 47,6% dari mereka yang mengganti celana dalamnya setiap hari.

Indahnya Melihat Gender sebagai Pelangi

posted on 17/11/2015

Sumber “Seperti warna-warna pada pelangi, gender terbentang pada suatu spektrum, bukan hanya dua kategori biner lelaki-perempuan. “ Halo

Tiga Cara Ampuh Melawan Nyeri Menstruasi

posted on 02/11/2015

Sebagian besar perempuan seringkali mengalami kram otot rahim saat haid sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya apa sih

One thought on “Kamu dan Peranmu dalam Keluarga

  1. singkat dan padat, heeheh.. perananku dalam keluarga apa yach, hmmm..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 11 =