Bergabung dengan Komunitas? Kenapa Enggak?

posted on 31/07/2014


Sahabat GueTau pernah mendengar atau berkenalan dengan orang yang bergabung dalam sebuah komunitas? Pada postingan kali ini, GueTau ingin membahas mengenai seluk beluk sebuah komunitas. Siapa tahu jika lebih paham, Sahabat GueTau bisa menemukan aktivitas dan teman-teman baru yang menyenangkan karena terpacu  untuk bergabung ke dalam suatu komunitas pilihan kamu.

 

Apa sih yang disebut dengan komunitas?

Dari segi arti, Wenger menyebutkan bahwa komunitas berarti kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Secara etimologis, komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.

Melalui adanya sebuah komunitas yang berjalan, Sahabat GueTau bisa berkontribusi banyak secara luas dan bertindak sebagai ‘agent of change’. Tentu saja ada berragam hal berguna yang dapat Sahabat GueTau dapatkan dengan bergabung dan aktif di dalam sebuah komunitas. Pengalaman, teman dan koneksi adalah beberapa di antaranya. Siapa sih yang tidak senang berada di suatu kelompok dengan orang-orang yag memiliki hobi, sudut pandang dan pola pemikiran yang unik dan beragam. Kita bisa bertukar pikiran dan hidup menjadi lebih berwarna, jauh dari kebosanan. Keistimewaan individu sangat besar pengaruhnya dalam sebuah komunitas, karena hal itulah yang membaut sebuah komunitas dapat berkembang luas, maju dan kuat. .

 

Dan dalam bukunya, Crow dan Allan mengatakan jika komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen, antara lain adalah:

  • Berdasarkan Lokasi atau Tempat

Wilayah atau tempat sebuah komunitas didirikan dapat dilihat sebagai tempat di mana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis. Biasanya, para anggota saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi dan memberikan kontribusi bagi lingkungannya.

 

  • Berdasarkan Minat

Sekelompok orang akan mendirikan suatu komunitas karena didasari oleh ketertarikan dan minat yang sama, misalnya agama, pekerjaan, suku, ras, hobi maupun berdasarkan kelainan seksual. Komunitas berdasarkan minat memiliki jumlah terbesar karena melingkupi berbagai aspek. Contohnya, komunitas pecinta animasi dapat berpartisipasi di berbagai kegiatan yang berkaitan dengan animasi, seperti menggambar, mengkoleksi action figure maupun film.

 

  • Berdasarkan Komuni

Komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri.

 

Mengenal Banyaknya Komunitas Remaja Kota Pahlawan

Sebagai contoh, Surabaya yang sudah dianggap kota metropolitan kedua setelah Jakarta memiliki beberapa komunitas. Ada pun teman-teman dari SeBAYA PKBI Jatim yang cukup aktif memberikan penghargaan dan apresiasi pada anggota komunitas juga menjadikan penggerak komunitas sebagai Mitra Strategis. Mereka diajak untuk turut serta menyuarakan segala aspirasi dan kreativitasnya. Beberapa komunitas yang ada di Surabaya antara lain :

1.     Marilah Kemari Lowrider

2.     RoadRunner Lowrider

3.     Outsider Kuto Suroboyo

4.     KPJ (Kelompok pengamen jalanan)

5.     FBC Dance

6.     Shinee Cheers

7.     Parkour Surabaya

8.     Ukor UIN Sunan Ampel

9.     Pelangi Senja (teman-teman komunitas Lesbian atau Transgender)

 

Aksi Positif Komunitas

Banyak sebagian orang yang masih menganggap jika dalam komunitas itu hanya bisa membuat masalah dan tidak menghasilkan apa-apa. Nyatanya, tidak semua anggapan buruk tersebut selalu benarkarena memang pada kenyataannya teman-teman dalam komunitas ternyata juga bisa melakukan kegiatan positif, lho.Banyakm dari mereka yang sangat peduli akan lingkungan sekitar mereka.Kegiatan dan juga aksi dari teman-teman komunitas tersebut, antara lain:

1. Aksi teman-teman Komunitas Parkour Surabaya dalam melakukan penggalangan dana kemanusian saat terjadi bencana erupsi gunung kelud Februari 2014.

2. Kegiatan persiapan dari teman-teman Outsider Kuto Suroboyo (komunitas pecinta band SID (Superman Is Dead) dalam melakukan penggalangan dana untuk korban banjir di beberapa kota besar seperti Probolinggo, Bojonegoro, Lamongan, dan juga Jakarta pada tahun 2013 yang lalu.

3. Kegiatan dari teman-teman Marilah Kemari Lowrider dalam kerja bakti massal di pada acara Car Free Day.

4. Kegiatan dari teman-teman RoadRunner Lowrider dalam acara ngabuburit dan bagi takjil bareng.Kegiatan tersebut juga turut bertindak sebagai media kampanye untuk menyuarakan aspirasi dari teman-teman komunitas agar pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksual masuk dalam kurikulum pendidikan nasional tahun 2014 ini.

5. Teman-teman dari komunitas FBC Dance dan juga Shinee Cheers, juga berkesempatan mendapakan informasi tentang apa itu HKSR (HakKesehatanSeksualRemaja) dari teman-teman GueTau.com yang bekerja sama dengan SeBAYA PKBI Jatim pada tahun 2013 yang lalu.

6. Teman-teman dari Lowrider Surabaya (Marilah Kemari dan RoadRunner) berkesempatan untuk bisa belajar bersama dengan team dari GueTau pada tahun 2013 yang lalu yang bekerja sama dengan SeBAYA PKBI Jatim dan juga Jeje Radio Surabaya sebagai media partner.

Nah, demikian pembahasan tentang manfaat bergabung dengan komunitas.Yang pasti, apapun yang kalian lakukan harus bisa kalian pertanggung jawabkan dan mendapat banyak pelajaran untuk mengembangkan potensi Sahabat GueTau. Buat Sahabat GueTau yang punya pertanyaan, saran dan juga kritik lebih lanjut bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Itas

 

Referensi:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas
  2. Hasil Outreach yang dilakukan oeh teman-teman SeBAYA PKBI Jatim.

related post

5 Tempat Ngopi Asik di Surabaya

posted on 19/02/2017

Tempat ngopi asik untuk bersantai bersama keluarga Halo Sahabat GueTau! Apakah ada Sahabat GueTau yang tinggal di Surabaya? Nah, kali ini, G

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =