Tips Mengasah Otak

posted on 16/05/2015

asah otak1
Teruslah berupaya mengasah kemampuan otak kita secara optimal dan buat perubahan besar dalam hidupmu

Sahabat GueTau, otak merupakan salah satu organ tubuh vital yang perlu kita jaga dan lindungi sebagai anugerah dari tuhan. Manusia telah diberikan otak sebagai alat  untuk berpikir dalam aktivitas sehari-hari, sepertimenciptakan karya, memecahkan masalah, dan mencari solusi. Otak manusia memiliki kapasitas yang luar biasa besar dalam menyimpan berbagai informasi bagaikan chip dan memori pada komputer berteknologi canggih, bahkan otak kita lebih jago daripada sebuah komputer, loh!

Mengasah otak sangatlah penting, sebab dengan megasah otak kita mampu mengembangkan dan menstimulasi daya kreasi. Mengasah otak juga dapat meningkatkan daya ingat dan tentunya kreativitas bagi kita tetap produktif berkarya dan berinovasi.

 

Nah, apa saja trik-trik yang dapat kita lakukan untuk mengasah otak? Simak beberapa tipsnya sebagai berikut

  1. Bermain Scrabble

asah otak2

Scrabble merupakan salah satu permainan yang dapat mengasah dan menstimulasi perkembangan otak kita. Permainan mengasah otak bukan hanya sekedar teka-teki silang, ya! Tetapi, scrabble juga telah terbukti dalam mengasah daya pikir seseorang. Dengan bermain scrabble, kita belajar dalam menentukan strategi yang tepat untuk menjadi juara, berpikir secara kritis dan cepat dalam menentukan kata-kata yang akan disusun, serta mengasah daya ingat kita seputar kosakata dalam bahasa Inggris yang merupakan hal penting dalam permainan ini.

 

  1. Berlatih Juggling

asah otak3

Bermain juggling tidak hanya menyenangkan dan bermanfaat dalam melatih daya konsentrasi kita, tetapi juga dapat mengasah otak kita. Hal ini dilansir oleh sebuah laporan dari jurnal Nature pada tahun 2013. Juggling dapat mengembangkan sebagian daerah otak. Juggling dapat melatih koordinasi fisik tubuh, pengenalan pola dan orientasi spasial, serta mengaktifkan beberapa area di otak kita.

 

  1. Berdansa

asah otak4

Berdansa dapat menstimulasi perkembangan sel syaraf pada otak kita. Hal ini diungkapkan oleh Gary Small dari University of Los Angeles. Berdansa bukan hanya menyehatkan bagi tubuh kita. Berdansa dapat merangsang kinerja otak kecil(Cerebellum), merupakan pusat berpikir dan menerka. Berdansa juga dapat memproduksi protein yang dapat membuat sel saraf berkomunikasi secara efektif. Berdansa dapat memperbaiki fungsi sel dengan memompa oksigen dan nutrisi yang diperlukan sel otak.

 

  1. Ubah Rutinitas

asah otak5

Mencoba sesuatu yang baru dan berbeda dari rutinitas pada umumnya dapat meningkatkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Hal ini dinyatakan oleh seorang ahli Neurobiologi bernama Lawrence Katz dari Duke University Medical Center. Kita dapat melakukan hal-hal yang tidak biasa pada umumnya, misalnya kita telah terbiasa menulis dengan tangan kanan, sekarang kita coba menggunakan tangan kiri, serta sebaliknya. Selain itu, kita dapat mencoba mandi dengan tutup mata atau mengetik sms tanpa melihat keypad.

 

  1. Membaca

asah otak6

Membaca merupakan sebuah rintisan awal untuk mencapai kesuksesan dalam mengembangkan kecerdasan dan intelektualitas seseorang. Dengan membaca, kita dapat memahami konsep dan hal baru. Membaca juga baik bagi perkembangan kognitif dan mencegah demensia seperti yang diungkapkan oleh Dr. Nikolaos Scarmeas.

 

  1. Menggali Potensi dan Hobimu

© Copyright 2010 CorbisCorporation

Temukanlah minat dan passion yang ingin kita berdayakann melalui serangkaian aktivitas-aktivitas yang dapat menstimulasi kinerja otak dengan baik sehingga otak kita tetap aktif dan terus berkembang. Kita dapat mengisi waktu luang dengan aktivitas positif sambil menyalurkan ketrampilan yang kita miliki, seperti  melukis, bermain musik, menjadi pendongeng hebat, dan sebagainnya.

 

Ternyata, masih banyak loh tips-tips lainnya seputar mengasah otak dan mengoptimalisasi kemampuan otak, misalnya dengan aktif dalsam kegiatan bersosialisasi, mengembangkan teknik mengingat dengan menggunakan metode asosiasi seperti yang diterapkan oleh Tony Buzan dalam bukunya yang berjudul MindMap, lakukan latihan fisik  yang melibatkan uji strategi dan ketelitian, dan lain-lain. Teruslah berupaya mengasah kemampuan otak kita secara optimal dan buat perubahan besar dalam hidupmu. Jika kalian memiliki pengalaman atau tanggapan seputar bagaimana cara mengasah otak, kalian dapat kirimkan ke info@guetau.com

 

Ditulis oleh Amanda Larasati

 

Referensi:

  1. http://health.kompas.com/read/2014/01/30/1634470/6.Cara.Unik.Mengasah.Otak
  2. http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/07/mengasah-otak-dengan-permainan-scrabble.html
  3. http://edukasi.kompasiana.com/2014/03/23/enam-cara-mudah-untuk-mengasah-otak-kita-641013.html
  4. https://sayangdibuang.wordpress.com/2014/09/02/10-cara-jitu-melatih-otak-agar-lebih-kreatif/

 

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

6 Tips Bersih-Bersih Buat Cowok

posted on 14/12/2015

Sumber “Menurut suatu studi yang melibatkan para mahasiswa di Turki, hanya 47,6% dari mereka yang mengganti celana dalamnya setiap hari.

Indahnya Melihat Gender sebagai Pelangi

posted on 17/11/2015

Sumber “Seperti warna-warna pada pelangi, gender terbentang pada suatu spektrum, bukan hanya dua kategori biner lelaki-perempuan. “ Halo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *