Mitos dan Fakta Masturbasi

posted on 05/06/2014



Apa yang Sahabat GueTau pikirkan ketika mendengar kata masturbasi? Mungkin ada dari kalian yang menganggap masturbasi adalah hal yang wajar, namun tidak sedikit yang menganggap masturbasi adalah dosa. Banyak juga melakukannya namun kemudian dihantui rasa bersalah. Mungkin ini diakibatkan oleh doktrin agama atau mitos-mitos negatif yang berkembang di masyarakat terhadap aktifitas masturbasi.

Sebenarnya masturbasi tidak berpengaruh buruk, baik fisik, seksual dan emosional.Perlu diketahui bahwa sudah hampir dua puluh tahun ini terakhir, Asosiasi Kesehatan Amerika telah mendeklarasikan bahwa masturbasi merupakan aktifitas seksual yang sehat dan normal.Pada masyarakat berkembang, banyak dari berbagai pemikiran mengenai masturbasi yang ada bersifat negatif.  Saatnya Sahabat GueTau mendapatkan informasi yang tepat terkait mitos dan fakta masturbasi serta manfaat masturbasi bagi kesehatan.

 

Mitos dan Fakta Masturbasi

  1. Sebanyak 98 persen orang melakukan masturbasi dan sisanya, 2 persen, berbohong saat menjawab.

Faktanya: Masturbasi adalah hal yang lumrah tapi tidak universal seperti yang banyak mitos sebutkan. Di Amerika Serikat, sekitar 94 persen lelaki dan 85 persen perempuan pernah masturbasi.

  1. Masturbasi bisa merusak organ kelamin.

Faktanya: Laki-laki yang memegang penis dan perempuan yang menyentuh klitoris atau menggunakan vibrator (alat bantu seks) tidak akan mengalami kerusakan organ kelamin, asalkan dilakukan dengan cara yang higienis dan tidak berlebihan (tidak dengan benda tajam ataupun kotor).

 

  1. Masturbasi menyebabkan masalah gangguan mental.

Faktanya: Masturbasi menyebabkan hanya satu masalah, yaitu rasa bersalah. Biasanya terjadi pada anak muda dan remaja yang banyak mendengar bahwa itu adalah perbuatan menyimpang, tidak wajar dan perbuatan dosa yang bisa mengantar pelakunya keneraka. Yang pasti, masturbasi adalah normal, sehat dan tidak membuat gangguan fisik atau gangguan mental.

  1. Masturbasi meningkatkan gairah seksual.

Faktanya: Dari lahir, setiap manusia tidak ditentukan berapa kali ia bisa mencapai orgasme. Tapi ketika mendapatkannya, ya itulah momen terbaik. Jadi, masturbasi tidak dapat digunakan untuk meningkatkan terjadinya orgasme.

 

  1. Vibrator merusak keinginan perempuan untuk melakukan hubungan seks.

Faktanya: Apakah menyetir mengganggu Sahabat GueTau untuk berjalan? Tidak tentunya, begitu pula yang terjadi pada hubungan seksual, dengan atau tanpa vibrator tidak akan merusak gairah seks pada perempuan.

 

  1. Perempuan bisa kecanduan vibrator.

Faktanya: Penggunaan dalam waktu lama membuat perempuan merasakan kenikmatan vibrator, baik digunakan sendiri atau dengan pasangan seksualnya. Ini adalah pilihan pribadi, bukan kecanduan.

 

  1. Jika kamu dalam hubungan berkomitmen, maka masturbasi adalah salah.

Faktanya: Masturbasi adalah keinginan seksual yang alamiah. Ini adalah cara pertama untuk mempelajari kenikmatan fisik. Tapi ketika semakin dewasa, orang berpikir bahwa melakukan hal ini adalah memalukan. Ketika berada dalam hubungan terus berlanjut pada tahap berikutnya, maka menjadi hal yang memalukan untuk melanjutkan masturbasi seperti masa lajang. Padahal masturbasi dan memiliki pasangan seksual adalah sama-sama perilaku penyaluran hasrat, tapi dua pengalaman yang berbeda.

 

 

Apa yang Sahabat GueTau pikirkan setelah mengetahui mengenai fakta dan mitos serta manfaat masturbasi untuk kesehatan? Pastinya Sahabat GueTau mempunyai pandangan dan pemahanan masing-masing. Sudah saatnya untuk berpikir bahwa masturbasimerupakan aktifitas seksual yang sehat dan normal. Jadi jika Sahabat GueTau belum pernah bermasturbasi, cobalah mulai menyentuh tubuh kamu sendiri, rasakan reaksi tubuh kamu terhadap sentuhan yang kamu lakukan, ya. Misalnya, bereksplorasi dan temukan bagian mana dari tubuh kamu yang senang disentuh dan dibarengi dengan fantasi seksual tertentu. Ingat, tidak ada yang dirugikan dari kegiatan masturbasi yang lakukan kecuali manfaat dan kepuasan untuk diri sendiri.

Demikian pembahasan tentang mitos dan fakta serta manfaat masturbasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat GueTau. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan mengirim e-mail ke info@GueTau.com.

 

Ditulis oleh Selvi Agnezmo  

 

Referensi:
1.
http://forum.kompas.com/love-talk/297231-tujuh-mitos-dan-fakta-masturbasi.html

2. https://www.google.com/perempuanlaki-lakidalamseksual

3. http://www.scarleteen.com/article/gender/is_masturbation_okay_yep

4. http://www.scarleteen.com/article/bodies/how_do_you_masturbate

 

related post

Onani? Masturbasi?

posted on 27/09/2016

“Seorang ahli bedah dari Amerika, Joycelyn Elders, dipecat pada tahun 1994 karena mengeluarkan pernyataan bahwa masturbasi kegiatan seksua

#CariTau 7 Mitos HIV dan AIDS

posted on 28/12/2015

Sumber “Hingga saat ini HIV telah membunuh sekitar 39 juta orang, akan tetapi bahaya sesungguhnya adalah kesalahpahaman dan juga stigma ak

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 12 =