Layanan Kesehatan Seksual bagi Remaja dengan Sindrom Down

posted on 22/03/2015

downsyndromea

Setiap orang berhak atas pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi yang terjangka, tak terkecuali penyandang  down syndrome.

Kesehatan seksual dan reproduksi merupakan isu krusial yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Setiap orang berhak atas pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi yang terjangkau, tak terkecuali remajadown syndrome. Pelayanan kesehatan seksual yang layak bagi remaja down syndrome belum mendapat perhatian khusus. Masyarakat menilai bahwa isu kesehatan seksual dan reproduksi pada remaja down syndrome tidak begitu penting. Padahal, remaja down syndrome mempunyai hak yang sama seperti kita dalam memperoleh layanan kesehatan seksual yang terjangkau dan komprehensif.

Sahabat GueTau, apa saja bentuk bentuk pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi terhadap remaja down syndrome itu? Simak beberapa informasinya sebagai berikut.

  1. Pembekalan Informasi Seputar Organ Seksual dan Reproduksi

Salah satu bentuk pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi yang paling mendasar adalah pembekalan informasi seputar organ reproduksi terhadap down syndrome. Remaja, termasuk yang hidup dengan kondisi down syndrome, banyak yang belum memahami konsep dasar sistem reproduksi dan seksualitas. perlu pembekalan bagi mereka terkait pengetahuan dan informasi seputar sistem reproduksi  dan seksualitas. Contohnya adalah pengenalan dasar organ reproduksi baik organ reproduksi laki-laki atau perempuan beserta fungsinya, perubahan fisiologis dan psikis pada remaja di masa pubertas, cara menjaga kebersihan organ reproduksi/personal hygine, asupan gizi yang baik bagi kesehatan reproduksi.

  1. Pengenalan Program Kontrasepsi bagi Remaja Penyandang down syndrome

Bentuk pelayanan kesehatan seksual bagi remaja penyandang down syndrome selanjutnya adalah sosialisasi dan pengenalan program kontrasepsi. Kontrasepsi sendiri merupakan wujud pelayanan kesehatan reproduksi guna mengatur kehamilan dan mencegah infeksi menular seksual, dan merupakan hak setiap individu sebagai makhluk seksual.

 

Alat kontrasepsi memiliki beragam jenis dan spesifikasinya masing-masing. Contohnya adalah kondom, IUD , diafragma, implant, kontrasepsi suntik, dan Pil KB. Melalui pengenalan program kontrasepsi mereka juga akan mengetahui manfaatdari penggunaan alat kontrasepsi. Dengan demikian, remaja penyandang down syndrome dapat memahami informasi secara komprehensif  seputar kontrasepsi.

 

  1. Perlindungan dari Kekerasan Seksual

Sahabat GueTau, pelayanan kesehatan seksual juga harus mencakup perlindungan dari tindakan kekerasan seksual terhadap down syndrome. Untuk itu, remaja penyandang down syndrome harus memiliki kekuatan perlindungan hukum dari segala bentuk ancaman kekerasan dan eksploitasi seksual. Sebab, remaja down syndrome kerap kali menjadi sasaran potensial bagi kasus kekerasan dan eksploitasi seksual. Perlindungan yang dimaksud meliputi perlindungan terhadap ancaman kekerasan seksual, perlindungan hukum terhadap korban penderita kekerasan seksual dari trauma psikis dan mental, serta pemberian sanksi terhadap pelaku kekerasan seksual berdasarkan ketentuan hukum yang adil dan transparan.

Masyarakat tidak boleh mengucilkan dan mengabaikan hak hak down syndrome dalam mendapat pelayanan kesehatan yang aksesibel, ramah remaja, dan komprehensif. kita harus memberikan dukungan bagi mereka agar dapat memperoleh hak pelayanan kesehatan seksual yang mereka butuhkan demi kualitas hidup mereka yang lebih baik.

 

Sampaikan opini dan pendapat kalian terkait pemenuhan layanan kesehatan seksual bagi remaja down syndrome di info@guetau.com ditunggu , ya!

 

Ditulis oleh Amanda Larasati

 

 

 

Referensi:

  1. https://renipuspita757.wordpress.com/2013/08/01/4/
  2. http://www.smallcrab.com/anak-anak/1048-melindungi-kesehatan-anak-penyandang-cacat
  3. https://www.k4health.org/toolkits/indonesia/pelayanan-kesehatan-reproduksi-remaja
  4. http://www.vemale.com/topik/cinta-dan-seks/69693-pendidikan-seksual-untuk-anak-dengan-down-syndrome.html
  5. https://setyakarioriansyah.wordpress.com
  6. http://www.kpai.go.id/artikel/lindungi-anak-indonesia-dari-kekerasan-seksual/

 

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

6 Tips Bersih-Bersih Buat Cowok

posted on 14/12/2015

Sumber “Menurut suatu studi yang melibatkan para mahasiswa di Turki, hanya 47,6% dari mereka yang mengganti celana dalamnya setiap hari.

Indahnya Melihat Gender sebagai Pelangi

posted on 17/11/2015

Sumber “Seperti warna-warna pada pelangi, gender terbentang pada suatu spektrum, bukan hanya dua kategori biner lelaki-perempuan. “ Halo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *