Kiat Menjadi Public Speaker yang Baik

posted on 22/03/2015


 

 

Public speaking merupakan salah satu keahlian yang cukup dibutuhkan oleh remaja. Tak hanya sebatas berbicara di depan banyak orang, public speaking adalah seni dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, baik dari bahasa verbal maupun non verbal. Maka dari itu, kini GueTau akan berbagi tips menjadi seorang public speaker yang baik.

  1. Pemahaman yang mendalam mengenai materi yang dibawakan. Ini merupakan awal yang baik karena kamu akan terlihat siap dengan materi yang dibicarakannya. Hal utama dari public speaking adalah menguasai secara rinci dan mendalam persoalan, sehingga setiap kalimat yang disampaikan menjadi bernas, terstruktur, dan lancar. Untuk melakukannya, perlu persiapan materi yang matang.
  2. Pemilihan istilah yang tepat. Selain penyampaian rinci, kamu perlu memperhatikan istilah yang kamu gunakan agar penyampaian pesan kepada audiens tersebut lebih efektif. Indikator ketepatan pemakaian istilah ini adalah berdasarkan karakteristik mayoritas audiens dan di forum apa kamu berbicara.

  1. Improvisasi di tengah pembicaraan. Apabila kamu menyampaikan materi dengan bantuan teks, misalnya dengan slide Power Point atau secarik kertas, menyelipkan improvisasi di tengah pembicaraan pun menjadi kebutuhan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan sentuhan personal dan membangun keterikatan emosi dengan audiens.
  2. Time managment. Atur waktu yang kamu miliki dengan baik. Dengan perkiraan yang tepat akan memudahkanmu menyusun materi dan menepati
  3. Bangun kredibilitas. Kredibilitas pembicara ini berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan audiens. Untuk membangun kredibilitas tersebut, bisa dilakukan dengan gaya yang lugas atau menyiapkan fakta berupa data dan statistik untuk mendukung materi yang kamu sampaikan.

  1. Berbicara dengan jelas. Agar penyampaian pesan dapat diterima dengan baik, latihlah kemampuan berbicara dengan jelas dan terstruktur. Intonasi yang tepat juga dapat mencegah pembicaraan menjadi datar dan membosankan.
  2. Perhatikan Gesture merupakan gerakan tubuh dan merupakan bahasa non verbal. Gesture ini sangat mempengaruhi penilaian pendengar kepadaku saat berbicara. Karena dengan gesture, seseorang lebih memahami apa yang kita sampaikan. Buat tubuhmu merasa nyaman sehingga konsentrasi pun tidak akan terpecah.

Nah, itu tadi beberapa kiat yang dapat Sahabat GueTau lakukan untuk menjadi public speaker yang baik. Jika mau bertanya lebih lanjut, silakan kirim pertanyaanmu ke info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Eunike Ally

 

Referensi:

  1. http://madeandi.com/2013/07/21/belajar-public-speaking-ala-marty-natalegawa/
  2. http://mediabisnisonline.com/20-tips-lancar-public-speaking/
  3. https://www.lintas.me/fun/other/editor/5-tips-agar-kamu-bisa-menjadi-public-speaking-yang-baik

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + ten =