Alicia Keys Berhenti Pakai Makeup!

posted on 09/06/2016

“Alicia Keys, seorang penyanyi kebangsaan Amerika Serikat, memutuskan untuk berhenti menggunakan makeup. Mungkin ia lelah.”

Semua berawal ketika Alicia Keys menuliskan daftar berisi hal-hal yang membuatnya muak. Salah satu hal yang masuk dalam daftarnya adalah kekesalannya terhadap media yang membentuk gambaran tubuh ideal untuk perempuan. Beberapa media menggambarkan perempuan harus kurus dan seksi.

Dalam tulisannya di blog Lena Dunham, Alicia Keys menggambarkan dunia hiburan Amerika Serikat yang tidak akan pernah merasa cukup melihatmu hanya terlihat cantik. Seorang selebriti harus sempurna berdasarkan standar kesempurnaan masyarakat.

Standar kecantikan yang sempurna membuatnya merasa sangat tidak percaya diri. Sebagai seorang figur publik, Alicia dituntut untuk tampil lebih dari sempurna. Setiap keluar rumah, ia bertanya-tanya apakah riasan wajahnya sudah tanpa cela. Kalau belum sempurna, bagaimana jika seseorang mengambil fotonya dan mengunggahnya ke media sosial? Bertahun-tahun pertanyaan itu meenjadi beban untuknya.

    Sumber

Ia memutuskan untuk berhenti memikirkan hal-hal yang hanya dilihat dari luar dengan cara meditasi. Jalan ini dipilihanya untuk menjadi lebih tenang dalam menghadapi hal-hal yang sudah ia sebutkan tadi.

Pada masa persiapan album barunya, seorang fotografer bernama Paola mencoba mengambil fotonya tanpa rias wajah sama sekali. Awalnya Alicia merasa takut, tapi ia lakukan juga. Ternyata, hasil foto tersebut justru membuatnya merasa begitu kuat dan jujur pada dirinya sendiri.

Momentum tersebut membuatnya senang, karena ia berhasil mengalahkan rasa tidak percaya dirinya. Sejak saat itu, Alicia sering terlihat tanpa riasan wajah. Ia tidak lagi takut difoto tanpa warna-warni di wajahnya.

Semangat Alicia Keys untuk percaya diri tanpa wajah menjadi perbincangan. Baginya, ini adalah sebuah harapan untuk membuat sebuah perubahan standar kecantikan ideal. Wah, keren ya!

Sahabat GueTau punya pendapat mengenai hal ini? Atau malah ingin bercerita pengalaman yang sama dengan Alicia Keys? Mari berbagi di GueTau melalui info@guetau.com atau justian@guetau.com!

Oleh Justian Edwin

Sumber dan referensi:
1. http://www.lennyletter.com/style/a410/alicia-keys-time-to-uncover/
2. http://www.independent.co.uk/news/people/alicia-keys-explains-empowering-decision-to-stop-wearing-make-up-a7064186.html

related post

Ssst! Cowok Juga Sering Gak Percaya Diri dengan Tubuhnya!

posted on 05/05/2016

“Hasil penelitian oleh Christine Morgan, CEO Yayasan Butterfly, menunjukkan setengah dari laki-laki dengan dismorfia akan mencoba bunuh di

A-Z Tentang Keberagaman Bentuk Tubuh

posted on 19/04/2016

“Bentuk tubuh ada banyak, maka mari berhenti membandingkan tubuh sendiri dengan orang lain.” Sahabat GueTau, gak perlu merasa mi

Baca ini Jika Kamu Merasa Tak Nyaman dengan Tubuhmu

posted on 13/04/2016

“Penderita Body Dismorphic, akan menghabiskan banyak waktu 1-5 jam untuk mengurus penampilannya, karena mereka selalu merasa penampilan me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *