A-Z Tentang Keberagaman Bentuk Tubuh

posted on 19/04/2016

    “Bentuk tubuh ada banyak, maka mari berhenti membandingkan tubuh sendiri dengan orang lain.”

Sahabat GueTau, gak perlu merasa minder dengan bentuk tubuh yang dianggap kurang ideal, karena kita semua memang diciptakan unik dan berbeda.

Hmm… Berbeda maksudnya gimana ya?

Secara umum, bentuk tubuh manusia dibagi menjadi tiga jenis. Pengkelompokan ini dikenal dengan Somatotype. Somatotype pertama kali diperkenalkan oleh William Sheldon pada tahun 1940an. Ternyata, somatotype juga berpengaruh lho terhadap metabolisme kesehatan kita, kali ini GueTau akan berbagi informasinya dengan kalian, yuk kita simak!

Jenis-Jenis Somatotype

1. Ectomorph

Tipe jenis ini memiliki tubuh yang panjang, kurus, dan ramping dengan struktur tulang yang kecil, pinggul yang sempit, dan pinggang yang kecil. Bagian perut ke bawah cenderung lebih panjang, dibanding bagian atas.
Untuk yang memiliki bentuk tubuh jenis ini, mereka akan memiliki nafsu makan yang tinggi, namun susah gemuk dan mudah kurus, metabolisme tubuh cepat, mudah membakar kalori, namun sulit menambah massa otot

2. Endomorph

Tipe jenis ini memiliki tulang besar, kadar lemak tubuh tinggi, ukuran tubuh dan bagian perut ke bawah cenderung pendek, dan otot-otot tidak terlalu terlihat.

Mereka yang memiliki bentuk tubuh jenis ini akan memiliki nafsu makan yang besar, mudah gemuk namun susah kurus dikarenakan metabolisme tubuh yang berjalan lambat sehingga sulit membakar lemak dalam tubuh.

3. Mesomorph

Tipe tubuh mesomorph cenderung lebih atletis, memiliki bahu dan pinggul lebih lebar dan pinggul yang sempit, perbandingan otot yang lebih besar dibandingkan lemak, untuk perempuan, tipe seperti ini disebut juga dengan tipe tubuh buah pir, karena cenderung menumpuk lemak dibagian pinggul ke bawah.

Untuk yang memiliki tubuh jenis ini, kadar lemak mudah naik turun, sehingga jika kamu memiliki nafsu makan yang tinggi, kamu tidak perlu khawatir untuk takut gemuk, karena tubuh bisa mengkontrol berat badan dengan mudah. Dan massa otot dalam tubuh mudah bertambah.

Nah sahabat GueTau, pengkelompokan bentuk tubuh diatas, memiliki pengaruh kesehatan bagi kita, contohnya jika kalian yang memiliki tipe tubuh ectomorph dan mesomorph lemak cenderung tersimpan pada bagian pinggul dan paha, sedangkan untuk tipe endomorph lemak cenderung tersimpan dibagian tengah tubuh.

Jadi, tidak perlu lagi merasa iri dengan bentuk badan ideal menurut orang lain, karena tubuh kita memang diciptakan berbeda-beda. Bahkan, kalau kamu latihan dengan keras di pusat kebugaran alias tempat gym, belum tentu hasilnya sama dengan bentuk tubuh selebriti idolamu. Salahnya bukan di kamu kok, tetapi memang hasilnya sangat tergantung dari tipe tubuhmu. Selama kamu sehat dan rajin olahraga, tidak ada masalah dengan tubuhmu.

GueTau menunggu dan sangat terbuka curhatan kamu tentang tubuh kamu, lho. Kamu bisa curhat melalui Info@guetau.com atau justian@guetau.com ya!

Oleh Intan Putri Ratmasari

Referensi:
1. http://health.lintaskota.com/2015/10/perbedaan-tipe-tipe-bentuk-tubuh.html
2. Serba-serbi kesehatan perempuan, Salika NS
3. https://plus.google.com/112417280339187306149/posts/bAL2ijsmmK7

related post

Alicia Keys Berhenti Pakai Makeup!

posted on 09/06/2016

“Alicia Keys, seorang penyanyi kebangsaan Amerika Serikat, memutuskan untuk berhenti menggunakan makeup. Mungkin ia lelah.” Semu

Ssst! Cowok Juga Sering Gak Percaya Diri dengan Tubuhnya!

posted on 05/05/2016

“Hasil penelitian oleh Christine Morgan, CEO Yayasan Butterfly, menunjukkan setengah dari laki-laki dengan dismorfia akan mencoba bunuh di

Baca ini Jika Kamu Merasa Tak Nyaman dengan Tubuhmu

posted on 13/04/2016

“Penderita Body Dismorphic, akan menghabiskan banyak waktu 1-5 jam untuk mengurus penampilannya, karena mereka selalu merasa penampilan me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *