Cermin di Dinding, Siapakah yang Paling Cantik di Dunia?

posted on 11/01/2016

    Body Image
    Sumber

“Untuk memiliki persepsi diri yang sempurna, bisa dimulai dengan cara sederhana, yaitu, mencintai diri sendiri, dan mensyukuri apa yang ada pada tubuh kamu”

Bentuk tubuh yang tidak sama dengan model-model di majalah atau masalah jerawat bisa menjadi penyebab Sahabat GueTau merasa tidak percaya diri. Persepsi diri yang selalu membandingkan apa yang ada di tubuh kita dengan orang lain sebenarnya berbahaya loh, karena berpotensi menyebabkan kamu mengalami depresi.

Masalah Body Image yang dihadapi oleh remaja sering terjadi karena interaksi yang muncul dalam pergaulan sehari-hari, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi pola pikir kita untuk berusaha mendapatkan yang sempurna, baik dari bentuk tubuh, ukuran dada bahkan warna kulit yang kita inginkan.

Persepsi Tubuh Remaja

    Oliver Burkeman column 6 OCt 2012 illo
    Sumber

1. Bentuk Tubuh Proposional

Ingin memiliki tubuh tinggi dan langsing, serta lingkar pinggang yang ideal merupakan masalah utama bagi para remaja. Berdasarkan hasil penelitian di USA, lebih dari 8 juta remaja Amerika memiliki masalah eating disorder (sindrom kelainan pola makan). Gangguan makan tersebut dialami oleh 10% laki-laki dan 90% perempuan. Dan parahnya, 35 ribu remaja di dunia mengalami anorexia setiap tahunnya.

2. Warna Kulit

Bagi sebagian remaja, memiliki warna kulit yang gelap membuat penampilan mereka jadi terlihat tidak menarik. Selain itu, kulit wajah yang kusam dan berjerawat juga membuat penampilan mereka menjadi makin tidak percaya diri. Oleh sebab itu banyak dari mereka yang ingin memutihkan kulit dengan cara instan hanya untuk mendapatkan warna kulit yang di inginkan. Untuk kasus ini, iklan-iklan produk kecantikan juga berperan penting mempengaruhi remaja dalam membentuk persepsi dirinya.

3. Ukuran Dada

Bagi remaja putri, mereka yang memiliki ukuran dada yang terlalu besar atau terlalu kecil seringkali tidak percaya diri terhadap penampilannya. Padahal, ukuran dada bukan indikator utama menarik tidaknya seseorang.

Dimulai dengan Cara Sederhana

Nah Sahabat GueTau, untuk memiliki persepsi diri yang sempurna, bisa dimulai dengan cara sederhana, yaitu, mencintai diri sendiri dan bersyukur dengan apa yang kita miliki. Hilangkan presepsi yang salah pada diri kamu, hargai setiap detail apa yang ada pada tubuh kamu, karena setiap orang layak menilai dirinya dengan baik.
Berhenti membandingkan diri kamu dengan orang lain. Seperti kata pepatah, rumput tetangga lebih hijau. Selama kamu menjaga kebersihan tubuh, tampil dengan pakaian yang kamu suka, dan sadar bahwa orang lain juga punya kekurangan, rasa percaya dirimu akan lebih terpancar.

Memiliki tubuh tanpa kekurangan merupakan suatu anugerah terindah yang diberikan oleh tuhan untuk kita, karena kamu tidak hanya dinilai berdasarkan bentuk tubuh atau warna kulit. Sahabat GueTau punya pendapat mengenai persepsi diri? langsung kirim pertanyaan kamu ke info@guetau.com

Oleh Intan Putri

Refrensi:
1.http://www.kawankumagz.com/read/body-image-yang-sering-dihadapi-remaja
2. https://www.youtube.com/watch?v=Jgz4_G8p7TM

related post

Alicia Keys Berhenti Pakai Makeup!

posted on 09/06/2016

“Alicia Keys, seorang penyanyi kebangsaan Amerika Serikat, memutuskan untuk berhenti menggunakan makeup. Mungkin ia lelah.” Semu

Ssst! Cowok Juga Sering Gak Percaya Diri dengan Tubuhnya!

posted on 05/05/2016

“Hasil penelitian oleh Christine Morgan, CEO Yayasan Butterfly, menunjukkan setengah dari laki-laki dengan dismorfia akan mencoba bunuh di

A-Z Tentang Keberagaman Bentuk Tubuh

posted on 19/04/2016

“Bentuk tubuh ada banyak, maka mari berhenti membandingkan tubuh sendiri dengan orang lain.” Sahabat GueTau, gak perlu merasa mi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *