#1PosUntukTubuh: Caramu Berdamai Dengan Diri Sendiri

posted on 05/04/2017

Sumber: greatist.com

“Sebarkan pesan tentang dirimu yang sudah berdamai dengan tubuhmu sendiri.”

Sahabat GueTau, apakah masih ingat kalau GueTau pernah memuat artikel mengenai keberagaman bentuk tubuh? Di dalamnya, kita belajar mengenai Somatotype, jenis-jenis bentuk tubuh manusia. Somatotype pertama kali diperkenalkan oleh William Sheldon pada tahun 1940an.  Ya, tubuh kita sangatlah beragam. Tidak semua tubuh semua orang berbentuk layaknya supermodel. Ada yang atletis, ada yang gemuk, ada juga yang sangat kurus.

Baca: A-Z Tentang Keberagaman Bentuk Tubuh

Tapi, sayangnya kita mengalami kondisi cinta dan benci terhadap bentuk tubuh kita sendiri. Semua dimulai dari membandingkan diri kita dengan orang lain. Dadanya lebih besar, hidungnya lebih mancung, atau kulitnya lebih putih. Semua standar cantik dan tampan kita dapat dari luar diri kita tanpa mendengarkan apa yang sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh.

Baca: Kita dan Tubuh: Antara Cinta dan Benci

Sumber: theladiesfinger.com

Hingga tiba saatnya para tokoh idola kita menyuarakan ide untuk bangga pada diri sendiri. Tak perlu repot menutup jerawatmu. Tak perlu menyiksa diri dengan diet tak sehat. Tak perlu pula merasa kurang percaya diri untuk berbicara di depan umum. Alicia Keys, penyanyi asal Amerika Serikat, berhasil membuat perubahan pada dirinya. Ia berhenti menggunakan makeup!

Baca: Alicia Keys Berhenti Pakai Makeup!

Jangan salah, perasaan tidak puas dengan apa yang kita miliki tidak hanya dialami oleh para perempuan. Laki-laki, terlihat atau tidak, juga punya banyak kekhawatiran akan penampilan luarnya. Perkara jenggot yang tidak tumbuh menjadi besar, juga otot yang terlihat tak seperti binaragawan.

Baca: Ssst! Cowok Juga Sering Gak Percaya Diri Dengan Tubuhnya!

Akuilah, kita memiliki banyak sekali kekurangan. Tapi, itu yang membuat kita menjadi seorang manusia. Setiap bekas luka di tubuhmu menunjukkan bahwa dirimu kuat. Setiap selulit yang ada di lekukan pinggangmu adalah bukti perjuangan. Jika ingin mengubah sesuatu, ubahlah secara perlahan dan sehat. Kita harus mulai berani berkata tidak untuk menyiksa diri. Jangan sampai karena tidak percaya diri, Sahabat GueTau dimanfaatkan oleh orang lain. Shera pernah mengalami hal ini. Simak ceritanya di sini.

Sumber: Chudleigh Weddings for Kinfolk Magazine

Ya, katakan tidak untuk menyiksa diri. Dengarkan tubuhmu. Minta maaf jika terlanjur memaksanya mengikuti standar cantik dan tampan orang lain. Bagaimana caranya? Sahabat GueTau bisa ikut #1PosUntukTubuh. Beritahu dunia kalau Sahabat GueTau adalah anak muda yang percaya diri dengan apa yang dimiliki.

Tulis surat untuk tubuhmu pada sebuah kartu pos dan unggah ke instagram. Beri tagar #1PosUntukTubuh dan tag @tulodo_com agar ceritamu bisa menginspirasi lebih banyak orang. Yuk, berdamai dengan diri sendiri!

 

related post

Alicia Keys Berhenti Pakai Makeup!

posted on 09/06/2016

“Alicia Keys, seorang penyanyi kebangsaan Amerika Serikat, memutuskan untuk berhenti menggunakan makeup. Mungkin ia lelah.” Semu

Ssst! Cowok Juga Sering Gak Percaya Diri dengan Tubuhnya!

posted on 05/05/2016

“Hasil penelitian oleh Christine Morgan, CEO Yayasan Butterfly, menunjukkan setengah dari laki-laki dengan dismorfia akan mencoba bunuh di

A-Z Tentang Keberagaman Bentuk Tubuh

posted on 19/04/2016

“Bentuk tubuh ada banyak, maka mari berhenti membandingkan tubuh sendiri dengan orang lain.” Sahabat GueTau, gak perlu merasa mi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + twelve =