Pentingnya Persetujuan Seksual (Sexual Consent)

posted on 30/11/2013

Hi Sahabat GueTau, menurut kamu apa sih persetujuan seksual itu? Terdengar rumit ya. Sebenarnya tidak kok, prinsipnya sama halnya saat kita berinteraksi dengan orang lain kita memerlukan persetujuan orang itu kan. Misalnya saat kita meminjam buku teman kita, kita tentu harus meminta izin dan persetujuan teman kita dahulu kan. Ya jadi persetujuan seksual itu merupakan proses aktif untuk melakukan tindakan seksual dengan orang lain, sesuai keinginan dan tanpa adanya paksaan, serta berbagi tanggung jawab. Jadi, jika ada pertanyaan atau ajakan untuk bermesraan termasuk berhubungan seksual, maka tanda tercapainya persetujuan bersama adalah masing-masing orang berkata ya dengan mantap. Sebaliknya, jika salah satu pihak atau keduanya terlihat ragu-ragu maka belum tercapai persetujuan bersama.

Jadi setiap pengambilan keputusan dilakukan tanpa adanya paksaan, manipulasi, kebohongan, atau tekanan. Dan ini hanya bisa dicapai jika kamu dan pacarmu/pasanganmu memiliki relasi kuasa/posisi tawar yang setara sehingga tanpa rasa takut kita bisa berkata ya, tidak, atau mungkin, dan bahwa keputusan kita dihargai sepenuhnya.

Selain itu kamu dan pacarmu/pasanganmu harus sama-sama aktif dimana masing-masing mampu menentukan pilihannya sendiri dan bukan memenuhi keinginan orang lain.

Kenyataannya memang persetujuan tidak melulu diungkapkan dengan perkataan ya. Persetujuan bisa ditunjukkan melalui bahasa tubuh, perkataan terntentu, senyuman antusias, dan lainnya.

Persetujuan bukanlah sesuatu yang kita lakukan sekali saja dan untuk seterusnya, seharusnya persetujuan dilakukan untuk setiap aktivitas seksual di waktu yang sama atau di waktu berbeda. Jika seseorang menyetujui suatu tindakan bukan berarti dia menyetujui tindakan lainnya. Misalnya jika pacarmu setuju untuk dicium bukan berarti dia setuju untuk berhubungan seksual, atau bahkan jika dia merasa tidak nyaman dia bisa menghentikan ciuman tersebut kapan saja. Jadi persetujuan itu seperti stop kontak ya, bisa hidup bisa mati sesuai dengan pilihan seseorang.

Pada beberapa situasi seperti saat sedang mabuk, kelelahan, marah, sedih orang tidak mampu mengambil keputusan persetujuan. Untuk itu sebaiknya hindari hubungan seksual disaat kondisi seperti ini, karena tanpa adanya persetujuan bisa dianggap sebagai perkosaan.

Penting untuk dicatat bahwa tidak ada persetujuan berarti BERHENTI, baik berupa perkataan atau bahasa tubuh. Jangan pernah merayu seseorang yang tidak memberikan persetujuan. Karena berarti jika terus dipaksakan maka bisa dianggap sebagai pelecehan seksual bahkan perkosaan.

 

Untuk menanyakan persetujuan sebaiknya kamu menanyakan pertanyaan terbuka, contohnya:

  • Apakah boleh ……
  • Apakah kamu merasa nyaman jika saya ….
  • Apa yang kamu ingin dan tidak ingin saya lakukan?

 

Rambu-rambu persetujuan

Kamu bisa tahu apakan pacarmu/pasanganmu setuju atas apa yang kalian lakukan berdasarkan tanda-tanda ini:
red

Tanda Kamu Harus Berhenti

  • Kamu dan pasanganmu terlalu mabuk untuk memberikan persetujuan
  • Pasangan kamu tertidur/pingsan sehingga tidak bisa memberikan persetujuan
  • Kamu berharap pacarmu akan diam saja dan mengikuti kemauanmu
  • Kamu berniat memaksakan hubungan seks dengan cara apapun

 

yellow

Tanda Kamu Harus Berhenti Sejenak dan Berkomunikasi

  • Kamu tidak yakin apa yang diinginkan pacarmu/pasanganmu
  • Kamu bingung apakah dia memberikan persetujuan atau tidak
  • Kamu belum mengatakan apa yang akan kamu lakukan
  • Kamu berpendapat bahwa akan terjadi seperti yang sebelumnya
  • Pacarmu/pasanganmu berhenti atau tidak merespon

 

green

Terus Berkomunikasi

  • Pacarmu/pasanganmu sama-sama sepakat tentang apa yang akan dilakukan dan sejauh mana akan dilakukan
  • Pacarmu/pasanganmu mampu menunjukkan bahwa dia merasa nyaman
  • Kamu atau pacarmu/pasanganmu menginginkannya
  • Pacarmu/pasanganmu merasa senang

 

Ditulis oleh Fita Rizki Utami

 

Referensi:

1. http://www.scarleteen.com/

 

 

 

 

related post

Menguak 7 Tradisi Seksual dari Berbagai Belahan Dunia

posted on 10/03/2017

“Ada beberapa yang tidak biasa kita lihat.” Beberapa negara memiliki budaya atau kebiasaan terkait hal seksual yang unik. Ya, ha

Antara Cinta dan Usia: Dinamika Pacaran Beda Usia

posted on 15/10/2014

Antara Cinta dan Usia Jatuh cinta terjadi tanpa terjadwal. Kepada siapa juga termasuk dalam sebuah rahasia, di manaada manis dan gurihnya. S

Pacaran di Ujung Tanduk, Putus atau Lanjut?

posted on 07/04/2014

Sahabat GueTau, bagaimana sih cara merawat hubungan kalian agar tetap bertahan? Setiap masalah kecil atau besar yang terjadi pada hubungan p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 1 =