Pacaran tapi Berantem, Berantem tapi Pacaran

posted on 23/04/2016

    “Kalau dia masih belum berhenti juga, kayaknya Sahabat GueTau perlu mempertimbangkan untuk mengakhiri pertengkaran itu dengan cara pergi meninggalkannya.”

Sahabat GueTau, pertengkaran atau perselisihan adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Meski demikian, terkadang pertengkaran juga bisa jadi pertanda bahwa ada yang salah dalam hubungan kaliah, loh! Lantas, gimana dong cara menyelesaikan pertengkaran secara sehat? Yuk simak tips ampuh melewati badai konflik dalam berpacaran, sebagai berikut:

1. Semua Ada Batasnya

Sahabat GueTau, semua orang berhak diperlakukan dengan hormat, bahkan dalam sebuah konflik. Jika si doi mulai memaki, memanggilmu dengan nama julukan, atau mengolok-olokmu, minta padanya untuk berhenti. Kalau dia masih belum berhenti juga, kayaknya Sahabat GueTau perlu mempertimbangkan untuk mengakhiri pertengkaran itu dengan cara pergi meninggalkannya.

2. Temukan Isu Sesungguhnya

Biasanya, pertengkaran terjadi ketika keinginan kamu atau si dia tidak terpenuhi. Cobalah untuk berfokus pada masalah itu, dan jangan mempermasalahkan hal yang sebelumnya bukan masalah. Misalnya, kalau pasanganmu terlihat selalu mengeluh, mungkin dia sedang merasa galau dan membutuhkan dukunganmu. Belajarlah untuk membicarakan masalah yang sesungguhnya, sehingga kalian dapat menghindari pertengkaran yang terus-menerus.

3. Setuju untuk Tidak Setuju

Apabila kamu dan pasanganmu tidak dapat menyelesaikan suatu masalah, terkadang cara terbaik adalah berhenti mempermasalahkan. Secara pola pikir kalian berbeda, kalian tidak mungkin akan selalu setuju akan semua hal. Fokuskanlah energimu pada masalah-masalah yang penting saja.

4. Kompromi ketika mungkin.

Kompromi adalah bagian terbesar dari penyelesaian konflik. Misalnya, kamu lagi pengen makan masakan Padang, tapi pacar kamu lagi pengen makan fastfood. Berkompromilah, mungkin kalian bisa makan masakan Padang mala mini, lalu makan fastfood besok. Temukan jalan tengah yang dapat membuat kalian berdua merasa sama-sama puas.

5. Pertimbangkanlah Segalanya.

Apakah masalah ini sangat penting? Apakah masalah ini mengubah perasaan kalian terhadap satu sama lain? Pertimbangkan alasan yang dilontarkan si dia ketika sedang bertengkar. Seperti apa masalah ini dari sudut pandangnya? Bagaimana perasaannya? Apakah kamu sudah peka terhadap keinginanya?

Nah, demikianlah tips meghadapi pertengkaran dalam pacaran versi GueTau. Jika kamu sudah mencoba tips di atas tapi masih bertengkar sama si dia, pertimbangkan lagi deh, apakah hubungan kalian memberikan manfaat bagi kamu dan si dia. Inget loh, Sahabat GueTau, kamu berhak memiliki hubungan yang sehat!

Oleh Gomat Saragih

Disarikan dari:
www.loveisrespect.org/healthy-relationships/conflict-resolution/

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =