Mau Tahu Apa Itu Pacaran Sehat? Cek 5 Hal Ini!

posted on 19/03/2016

    “Pacaran itu saling mengasihi, bukan siapa milik siapa”

Sahabat GueTau pasti sudah tahu ya kalau kebanyakan dari kita pacaran karena butuh suntikan semangat lebih. Semangat itu sudah ada dari teman, sahabat, keluarga, dan guru. Tapi kadang-kadang kita merasa itu kurang. Jadilah kita mencari pacar.

Tetapi, ada kalanya kita bertanya-tanya dan penasaran dengan pacar kita. Apakah mereka serius? Apakah mereka bisa memberikan semangat? Atau justru mereka menjadikan kita meninggalkan kewajiban. Ada lho, pacar yang setiap hari harus ketemu dan kita jadi lupa belajar. Ada juga tipe pacar yang suka melarang kira untuk melakukan kegiatan favorit kita. Duh, gak banget deh pokoknya.

Jadi sebenarnya, gimana sih hubungan yang sehat?

1. Menerima perbedaan pendapat.

Kalian sadar kalau debat dan berantem bukan solusi. Kalian lebih suka berdiskusi tentang pendapat satu sama lain. Kalau ada yang tidak setuju ya ngomong aja, bukan disembunyikan terus kesal sendiri. Saling mendengarkan itu lebih serud daripada berantem gak jelas. Keterbukaan seperti ini bisa bikin hubungan kalian langgeng lho, karena tidak ada perbedaan pendapat.

2. Saling Percaya.

Cemburu itu memang penyakit yang susah disembuhkan. Kalau kita bisa mempercayai dia, yakin deh, dia juga akan mempercayai kita. Memang ada beberapa orang yang sulit percaya karena trauma masa lalu, tapi bukan berarti dia tidak bisa berubah kan? Kamu juga jangan mudah marah kalau dicemburui. Jelaskan baik-baik dan apa adanya.

3. Bisa Kompromi.

“Pokoknya kalau hari ini gak jadi ketemu kita putus!”.

Males banget gak sih kalau kayak gitu? Padahal kan bisa saja tiba-tiba mama minta antar ke nikahan anak temannya. Coba mengerti dan dicerna dulu alasan dia membatalkan pertemuan. Kalau masuk akal, kamu tidak perlu curiga. Pacaran itu kan bukan tentang kepemilikan, tapi saling mengasihi antara kamu dan dia.

4. Suportif.

Kita semua pasti seneng banget kalau si dia ikut senang jika kita senang, dan menunjukkan empati yang tulus ketika kita sedang sedih. Si dia juga pasti senang sekali kalau kita tidak menolak saat sesekali diajak gabung dengan komunitas hobinya. Saling dukung ini jadi hal yang penting juga untuk diusahakan dalam setiap hubungan. Siapa yang selalu nolak diajak nongkrong bareng sahabat si dia cuma karena mereka gak se-gaul kamu?

5. Privasi, Privasi, Privasi.

Walau sudah berpacaran, beberapa orang menjadi merasa punya hak untuk membuka folder-folder rahasia di ponsel pacarnya. Padahal itu tidak bisa dilakukan kalau tidak mendapat izin dari si pacar. Kamu jangan menurut saja kalau dia memaksa. Jelaskan alasanmu kenapa kamu tidak ingin dia melihat isi ponselmu. Kalau dia pengertian, harusnya sih mengerti.

Berpacaran memang bukan sesuatu yang mudah. Kalau kata orang, susah susah gampang lah. Tapi coba cek lagi poin-poin di atas. Kalau kamu merasa dia kurang pengertian, jelaskan baik-baik. Kalau kamu merasa kamu yang kurang pengertian, masih bisa diubah sebelum terlambat.

Kalau mau curhat, jangan sungkan komen di IG/Twitter GueTau di @guetaucom. Via e-mail juga boleh ke info@guetau.com atau justian@guetau.com ya!

Oleh Justian Edwin

Referensi:
1. http://www.loveisrespect.org/healthy-relationships/
2. https://www.psychologytoday.com/blog/in-practice/201301/50-characteristics-healthy-relationships
3. http://teenshealth.org/en/teens/healthy-relationship.html

related post

Memar di Tubuh Rosi

posted on 15/03/2016

“Ami Paham Betul.” Betahun-tahun berteman, Ami sudah paham kebiasaan baru Rosi untuk mendadak membatalkan janji atau menghilang

Pacarmu Kasar? Jangan Takut, Lawan!

posted on 25/12/2015

Sumber “Tahun 2014, Komisi Nasional Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menerima sekitar 800 laporan mengenai kekerasan t

Cara Asyik Merayakan Valentine untuk yang Pacaran, LDR, Maupun Jomblo

posted on 25/02/2015

“Cinta adalah salah satu hal yang patut dirayakan, dan Valentine bisa menjadi momen pas buat kamu mengungkapkan cinta pada orang terkasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − one =