10 Lagu yang Mengandung Pesan Kekerasan Dalam Pacaran

posted on 25/02/2014

Kenali bentuk-bentuk kekerasan dalam pacaran yang terdapat dalam video clip lagu dan lirik  lagu.”

Nah kali ini, GueTau akan mengajak Sahabat GueTau untuk  memahami tentang kekerasan dalam pacaran.  Untuk kali ini kita kenali dalam bentuk lagu-lagu yang mengandung unsur-unsur kekerasan dalam pacaran . Simak lirik dan video clip dari lagu berikut ini.
 
 

1.       Selebihnya DustaTere
Terdapat dalam lirik lagu Selebihnya Dusta, terdapat sebuah bentuk  dari  Kekerasan dalam pacaran yaitu suatu pengkhiatan dan perselingkuhan
 
Kau bilang cinta, selebihnya dusta. Janji setia, selebihnya dusta. Keindahan kian jauh di mata. Selebihnya dusta, selebihnya dusta, dan selebihnya duka nestapa.”

Lagu1

 

2.       TegaGleen Fredly

Dalam lirik lagu Tega, ada bentuk kekerasan dalam pacaran yaitu suatu pengkhiatan dalam menjalin hubungan.

 
Bila kau cinta aku, mengapa kau tipu diriku tuk bersama dia.”

lagu2

 

3.       Aku yang tersakiti – Judika

Terdapat dalam lirik lagu Aku yang Tersakiti terdapat bentuk kekerasan dalam pacaran yaitu  memberikan harapan palsu dalam hubungan pacaran dan kekerasan psikis yang terjadi.

 
Tak pernahkah kau sadari, akulah yang kau sakiti. Engkau pergi dengan janjimu yang
telah kau ingkari.”

lagu3

 

4.       Terluka – Eren

Dalam lirik lagu Terluka terdapat bentuk kekerasan dalam pacaran yaitu ungkapan kekecewaan dan penipuan hati yang tidak menjaga kesetian dalam hubungan.
 
Kusangkakan madu ternyata racun. Ku sangka bahagia ternyata sengsara. Manis mulutmu bicara aku tergoda. Pahit ku dapat sampai ku tak menyangka.”
 

lagu4

 

5.       Love the Way You Lie – Rihana feat Eminem

Lirik lagu ini mengkisahkan tentang kebohongan yang terjadi dalam hubungan yang kemudian berlanjut menjadi kekerasan fisik.

You swore you’ve never hit ’em . Never do nothing to hurt ’em. Now you’re in each other’s face. Spewing venom. In your words. When you spit ’em. You push. Pull each other’s hair. Scratch, claw, bit ’em. Throw ’em down.

lagu5

 

6.       Hati yang Tersakiti D’morgan

Lagu ini menceritakan pengkhianatan dalam menjalin hubungan. Yakni sebuah janji palsu yang diberikan sehingga membuat hati seseorang terluka.

“Janji suci yang kau ingkari, telah menodai kisah cinta ini.”

lagu6

 

7.       SelingkuhLacy Band
Lirik lagu ini menceritakan hubungan yang dinodai dengan perselingkuhan, ini juga termasuk kekerasan dalam pacaran.
“Mengapa kau meninggalkanku. Ternyata kamu selingkuh. Selingkuh dibelakangku.”

lagu7

 

8.       Blending LoveLiona Lewis

Lirik lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mempertahankan cinta meskipun menyakitkan, seperti perselingkuhan dan kekerasan fisik.
“Keep bleeding, keep, keep bleeding love. I keep bleeding, I keep, keep bleeding love. Keep bleeding, keep, keep bleeding love. You cut me open.”

lagu8

 

9.       Lumpuhkanlah Ingatanku – Geisha

Wah kalau lagu ini sih sudah pasti populer sekali di antara anak muda saat ini ya. Lagu ini jelas-jelas menceritakan kekerasan psikologis dari pasangan yang menimbulkan trauma mendalam.

“ Kau acuhkan aku, kau diamkan aku. Kau tinggalkan aku.”

lagu9

 

10.  Main Serong – The Cangcuters

Wah, dari judulnya saja sudah jelas bahwa lagu ini tentang perselingkuhan yang merupakan bagian dari kekerasan dalam pacaran ya.

Ma.. ma.. main serong berbahaya but is so fun. Melepas rasa penat dalam menjalin hubungan. Buat para pemula sebaiknya jangan ikutan. Perlu skill sejati agar tidak jadi berantakan.”

lagu10

Kekerasan tentunya bukan hal yang indah dan tidak diharapakan oleh pasangan yang menjalin hubungan dalam pacaran. Sudah saatnya Sahabat GueTau menghindari kekerasan dalam pacaran, dari lagu-lagu tersebut banyak yang menceritakan perselingkuhan dalam menjalin hubungan, selingkuh juga termasuk kekerasan dalam pacaran secara psikis lo. Oleh karena itu, untuk menghindari adanya rangkaian kekerasan dalam hubungan pacaran, teman-teman remaja dapat melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Mengenali pasangan dan hubungan berpacaran yang sedang dijalani
  2. Bersikap asertif dengan menyatakan keberatan atau berani berkata ”Tidak” saat pasangan mulai memaksa melakukan sesuatu yang tidak kita suka dan tidak sepantasnya
  3. Mencari dukungan sosial dari pihak yang dipercaya jika perilaku pasangan mulai membuat kita ketakutan
  4. Evaluasi kelanjutan hubungan pacaran

 
Selamat “Berhubungan “TANPA” Kekerasan, Sahabat GueTau!

Demikian pembahasan tentang lagu-lagu yang mengandung unsur kekerasan dalam pacaran. Semoga informasi yang diberikan dapat dijadikan pelajaran Sahabat GueTau semua ya untuk menghindari kekerasan dalam pacaran. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai kekerasan dalam pacaran, Sahabat GueTau bisa mengirimkan e-mail ke  info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Selvi Agnezmo

 

Referensi:                                                                                

1. http://www.psikologikita.com/?q=kekerasan-dalam-hubungan-pacaran

 

related post

One thought on “10 Lagu yang Mengandung Pesan Kekerasan Dalam Pacaran

  1. ell says:

    Mami…mksh infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 13 =