Antara Cinta dan Usia: Dinamika Pacaran Beda Usia

posted on 15/10/2014

foto2

Antara Cinta dan Usia

Jatuh cinta terjadi tanpa terjadwal. Kepada siapa juga termasuk dalam sebuah rahasia, di manaada manis dan gurihnya. Sejatinya Sebagai manusia, kita hanya mampu untuk berusaha dan berdoa untuk menemukan cinta yang tepat dan sesuai dengan yang diharapkan.

Seperti halnya sebuah cinta yang juga susah ditebak, begitu pula perasaan yang ada didalam hati dan diri kita masing-masing.Rasanya juga selalu menjadi sebuah teka-teki dan misteri yang sangat sulit bisa terpecahkan.

Kadang cinta membuat galau dan terkadang juga membuat kita bisa sulit move on, ketika memang cinta yang kita rasa itu adalah bertentangan dengan berbagai macam dinamika, rasanya makan pun kita tidak akan merasa menjadi lebih nikmat, karena semua terasa tertuju untuk segera menuntaskan dinamika cinta yang menjadi petaka dalam hati kita. Terlebih jika yang dihadapi adalah sebuah perbedaan umur.

Cinta seakan berubah menjadi sebuah dilema dimana satu dari sekian banyak hal yang saat ini masih dihadapi oleh banyak remaja yang memang terlibat dalam kisah asmara beda usia.

 

Berdamai dengan Cinta dan Raih Bahagia

Perbedaan usia dengan pacar sering menimbulkan persepsi negatif dari orang lain di sekitar kita. Banyak yang menganggap bahwa kondisi tersebut kurang pantas atau hubungan kita dianggap tidak akan berhasil. Itulah mungkin yang selalu menjadi permasalahan yang kita sendiri juga akan bingung solusinya. Masalahnya, kembali lagi ke datangnya cinta yang tidak dapat diprediksi,

Nah, jika kita bicara lebih jauh, yaitu tentang hubungan yang berlanjut ke pernikahan, dari segi UU Perlindungan Anak tentang Perkawinan dijelaskan jika anak sampai usia 18 tahun masih menjadi tanggungjawab dan berada di bawah perlindungan orangtua. Sehingga, mereka baru diperbolehkan melaksanakan perkawinan di atas 18 tahun.

Memang UU tersebut masih perlu direvisi.Karena ketika anak sudah melampaui usia 18 tahun, secara tidak langsung si anak tersebut juga sudah berhak menentukan apapun itu keputusannya, tetapi akan sangat menjadi masalah jika aturan tersebut juga terkadang disalahgunakan sebagai tindakan untuk menghalalkan adanya pernikahan kontrak, yang saat ini juga masih marak terjadi di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Ironinya dalam hal tersebut, beberapa pihak pun ternyata juga tidak sama sekali menindak dengan tegas terkait dengan masih seringnya muncul permasalahan tersebut.

Foto

Beda Usia, Beda Pula Rasa yang Ada

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui ketika memang kita memiliki pasangan yang rentan usianya cukup terlampau jauh dari usia kita. Selain itu, banyak faktor pula yang juga memang harus dipahami, karena pada akhirnya, hal tersebut juga akan bisa berdampak pada masalah psikis, jika ketika memang dalam perjalanannya sering dihadapkan oleh adanya perbedaan akibat dari perbedaan usia yang cukup lumayan jauh.

Beberapa fakta  juga menyebutkan jika lebih banyak pasangan yang memilih calon pendampingnya adalah orang yang jauh lebih dewasa dari dirinya. Banyak alasan yang bermunculan dari fakta tersebut, mulai dari yang lebih dewasa lebih berpengalaman, lebih mapan daripada yang lebih muda atau kemampuan lebih baik untuk memahami yang dimiliki..

Tapi juga ada beberapa fakta yang menyebutkan untuk memutuskan pasangan yang beda usianya juga sangat jauh dari kita.Untuk lebih dipertimbangkan dan dipikirkan secara matang, beberapa hal yang menjadi fakta tersebut antara adalah:

1.    Komentar negatif dari orang lain

Saat orang lain mengetahui kalau pasangan Sahabat GueTau sangat berbeda jauh usiamu, terkadang hal ini menjadi bahan omongan. Komentar negatif dari orang lain bisa menimbulkan masalah dalam hubungan asmara kamu dan pacar. Banyak orang yang menyangka bahwa berkencan dengan laki-laki yang lebih tua pasti memiliki ‘motivasi’ lain, begitu juga sebaliknya.

2.    Sulit beradaptasi

Terpaut usia yang cukup jauh dengan pasangan bisa membuat hubungan semakin sulitkarena tingginya tingkat penyesuaian. Seseorang yang berbeda jauh usianya dengan pasangannya harus mencocokkan banyak hal, mulai dari pemikirannya hingga sikapnya. Jika sulit mencocokkan berbagai hal tersebut, maka bisa sajaterjadi pertikaian.

3.    Komunikasi yang kurang berjalan dengan baik

Komunikasi yang kurang baik akan sering terjadi bila kekasih memiliki perbedaan usia yang cukup jauh. Akan ada beberapa kesenjangan yang bisa menimbulkan pertikaian. Misalnya, topik pembicaraan pacar tak dimengerti oleh kamu sehingga membuat komunikasi menjadi kurang saling memahami, begitu juga sebaliknya. Selain itu, komunikasi yang kurang juga terjadi karena perbedaan jaman. Misalnya, ketika pacar sibuk-sibuk ngomongin The Bee Gees, sementara kamu malah ngomongin boyband yang sedang tenar akhir-akhir ini.

 

4.    Sulit membangun keintiman

Saat hubungan asmara mengarah ke arah yang lebih serius yaitu pernikahan, ada hal yang harus diperhatikan. Perbedaan usia kadang menyebabkan sulit untuk membangun keintiman.  Jika berpacaraan dengan yang jauh lebih muda, maka keintiman tersebut sulit ada karena pacar masih bersikap kekanak-kanakanTubuh wanita yang kompleks

Perempuan memang sudah ditakdirkan memiliki tubuh yang lebih kompleks daripada pria. Dengan begitu, perempuan akan mengalami perubahan hormon, bentuk tubuh, dan lain sebagainya. Perubahan yang ada dalam diri wanita tersebut bisa memicu permasalahan dalam sebuah hubungan asmara. Perempianjuga akan merasa sudah tidak seksi lagi di hadapan pasangannya. Salah satu faktor ini bisa menyebabkan perselisihan di antara kamu dan pacar karena usia yang terlampau jauh.

 

Nah demikian pembahasan tentang pacaran beda usia Apapun yang kalian lakukan, harus juga bertanggung jawab ya. Untuk Sahabat GueTau yang punya pertanyaan, saran dan juga kritik lebih lanjut bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Itas

 

Referensi :

  1. http://ciricara.com/2012/11/14/5-masalah-yang-dialami-orang-saat-pacaran-beda-usia/
  2. http://bedausiajauh.blogspot.com/
  3. http://batampos.co.id/24-04-2014/pro-kontra-pernikahan-usia-anak/
  4. http://www.harianterbit.com/read/2014/08/07/6267/0/29/Batas-Usia-Minimal-Menikah-18-Tahun-dan-Jangan-Sering-Hamil

 

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Move On Dong!

posted on 01/06/2016

“Dear mantan, maafkan aku yang dulu.” Beberapa minggu terakhir, meme lucu dengan caption tersebut menjadi viral di berbagai media sosial

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 11 =